Demo 22 Mei, Kemenko Ekonomi Pulangkan Pegawai Lebih Cepat

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 15:29 WIB
Demo 22 Mei, Kemenko Ekonomi Pulangkan Pegawai Lebih Cepat Ilustrasi demo 22 Mei. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memutuskan untuk memulangkan karyawannya lebih cepat pada Rabu (22/5) pukul 13.00 WIB. Hal ini diputuskan setelah melakukan konsultasi dengan beberapa sekretaris jenderal di kementerian lain melihat perkembangan situasi demo yang masih terjadi.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menjelaskan keputusan ini juga sebagai bentuk toleransi bagi karyawan. Namun, pihaknya tetap menginginkan beberapa karyawan tinggal di kantor hingga jam pulang kerja.

"Toleransi diberikan secara proporsional, artinya tetap harus ada yang masih melaksanakan tugas di kantor sampai dengan berakhirnya jam kerja sore ini," tutur Susiwijono kepada CNNIndonesia.com, Rabu (22/5).



Selain itu, Susiwijono menyatakan rapat koordinasi yang dijadwalkan digelar siang ini juga dibatalkan seiring dengan keputusan pulang kerja yang lebih cepat. Berdasarkan jadwal, seharusnya ada rapat koordinasi mengenai penggunaan karet untuk aspal jalan pukul 14.00 WIB.

"Kami tunda pelaksanaannya sampai waktu yang nanti akan kami informasikan," jelasnya.

Secara terpisah, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menuturkan imbauan untuk pulang lebih cepat dilakukan sebagai bentuk antisipasi untuk pegawai yang tinggal dekat dengan aksi unjuk rasa.


"Untuk antisipasi saja, khususnya pegawai negeri sipil (PNS) yang rumahnya dekat dengan lokasi demo," ujar Iskandar.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan sudah lebih dulu menyuruh pegawainya pulang pukul 12.00 WIB. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan kebijakan itu diambil secara mendadak beberapa jam sebelum pukul 12.00 WIB.

"Ya ini baru saja, menyikapi perkembangan situasi saja," ucap Nufransyah. (aud/agi)