Pendaftar Angkutan Mudik Motor Gratis via Kereta Lewati Kuota

CNN Indonesia | Sabtu, 25/05/2019 18:08 WIB
Pendaftar Angkutan Mudik Motor Gratis via Kereta Lewati Kuota Angkutan motor gratis kereta api. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan jumlah pendaftar angkutan motor gratis (motis) dengan moda kereta api (KA) selama periode angkutan Lebaran 2019 telah melampaui kuota. Angkutan motor gratis tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi kepadatan jalan raya pada saat mudik, terutama dari pengguna sepeda motor.

Hingga 24 Mei 2019, Direktorat Jenderal Perkeretapian Kemenhub mencatat jumlah pendaftar angkutan motis KA telah mencapai 19.838 pendaftar atau 109,6 persen dari kuota 18.098 motor. Kuota tersebut terbagi dua yaitu 9 ribu motor pada arus mudik dan 9 ribu motor pada arus balik.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengungkapkan kendati sudah melampaui kuota, pemerintah belum akan menutup pendaftaran. Pasalnya, pada pratiknya, tahun lalu ada pendaftar yang tidak jadi memanfaatkan fasilitas tersebut.


"Biasanya ada yang membatalkan tetapi saya sudah mengingatkan kepada teman jangan sampai lebihnya pendaftar terlalu banyak karena kalau tidak terangkut akan menjadi masalah," ujar Zulfikri di sela buka bersama awak media pada Jumat (24/5).


Pendaftaran online sudah dibuka sejak 12 Maret hingga 25 Mei 2019. Pemerintah juga melayani pendaftaran langsung motor bagi pemegang tiket KA ekonomi dan PSO di stasiun yang ditunjuk pada 12 Maret hingga 13 Mei 2019 lalu.

Stasiun yang ditunjuk di antaranya Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Depok Baru, dan Stasiun Tangerang.

Selain itu, juga dibuka pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket sejak 14 Mei hingga 25 Mei 2019.

Selama 28 April hingga 12 Juni 2019, pemerintah juga membuka pendaftaran langsung motor untuk perjalanan dari daerah ke Jakarta (contraflow) di stasiun persinggahan KA motis di daerah.


Peserta yang ingin mendaftar perlu membawa KTP, SIM yang berlaku, serta Kartu Keluarga. Adapun besaran motor yang diizinkan untuk diangkut adalah yang berkapasitas maksimal 150 CC.

Selain menyediakan program angkutan mudik gratis sepeda motor, Ditjen Perkeratapian dan PT KAI (Persero) juga telah mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun ini.

Hal itu dilakukan dengan menyiapkan sejumlah KA tambahan yang terdiri dari 2 KA ekonomi yang bersubsidi (PSO), 5 KA ekonomi non PSO serta KA eksekutif, bisnis, dan ekonomi premium.

Pada penyelenggaraan angkutan lebaran 2019, jumlah penumpang moda KA diperkirakan mencapai 6.449.172 penumpang atau naik 3,41 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

[Gambas:Video CNN] (sfr/agi)