Kala PNS Gunakan THR, untuk Mudik Hingga Liburan

Dinda Audriene, CNN Indonesia | Sabtu, 25/05/2019 15:55 WIB
Kala PNS Gunakan THR, untuk Mudik Hingga Liburan Ilustrasi. (REUTERS/Garry Lotulung)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hal yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Uang di dalam rekening Leidy Novanda (31) bertambah, meski belum tanggal gajian. Salah satu pegawai negeri sipil (PNS) ini telah menerima tunjangan hari raya (THR) sebesar satu bulan penghasilan pada Kamis (24/5).

Tak mau terbuang sia-sia, Leidy langsung memindahkan uang THR nya ke rekening khusus tabungan. Maklum, ia bermimpi untuk melancong ke Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada akhir tahun ini. Rencananya, THR tersebut akan digunakan untuk ikut membiayai liburannya ke Sumba.

"Jadi uang THR paling banyak akan ditabung dulu. Tapi nanti akan dipakai untuk liburan ke Sumba rencananya," cerita Leidy kepada CNNIndonesia.com, Jumat (24/5).


Sebagai seseorang yang doyan bepergian, Leidy kerap memanfaatkan uang THR untuk memenuhi keinginannya mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah ia datangi. Biasanya PNS yang bekerja di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini mulai membeli tiket pesawat satu bulan sebelum pergi.

"Tapi persiapannya dari jauh-jauh hari. Budget nya mungkin saya siapkan sekitar Rp10 juta," terang Leidy.


Selain untuk liburan, ia akan menggunakan menggunakan THR-nya untuk membeli kue Lebaran. Tak lupa, Leidy juga berencana bagi-bagi angpau ke keluarganya.

"Tapi tidak langsung habis ya uangnya, saya cicil juga menghabiskannya," katanya.

Hampir sama, Mesi Shabrina (26) yang menjadi PNS di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini berencana berbagi angpau untuk keluarganya menggunakan THR yang ia dapat. Ia juga bakal membelanjakan uang THR-nya untuk membeli kue Lebaran hingga daging guna dinikmati saat hari raya.

"Tapi pastinya bayar zakat juga tidak lupa," tutur Mesi.


Mesi mengaku tak suka menggunakan uang THR untuk berbelanja hal-hal yang tak dibutuhkan. Beruntungn ia bukan orang yang doyan belanja, sehingga sisa THR bisa ia tabung.

"Kalau langsung dibelanjain uang THR-nya nanti justru implusif. Saya biasanya buat list dulu biar penggunaan uang juga bijak," ceritanya.

Untuk tahun ini, Mesi merasa lebih leluasa menentukan penggunaan uang THR nya. Sebab, ia dan keluarga memutuskan untuk tidak mudik.

"Jadi uang THR bisa ditabung, kalau mudik kan harus ada biaya bensin, tol, dan oleh-oleh untuk keluarga," jelas Mesi.


PNS lainnya, Fairuz Rana Ulfah (26) mengaku selalu menanti-nanti kucuran THR. PNS di Kementerian Pariwisata ini selalu menggunakan uang THR nya untuk membeli tiket pesawat untuk pulang kampung ke Padang, demi menikmati hari raya bersama keluarga besar.

"Apalagi sekarang ongkos pesawatnya lumayan banget, jadi menanti sekali," ujar Fairuz.

Selain untuk tiket pulang kampung, Fairuz juga berencana membeli oleh-oleh untuk keluarganya menggunakan uang THR yang ia dapat. Sementara, sisanya akan dimasukkan ke dalam rekening tabungannya.
[Gambas:Video CNN]
"Jadi saya tidak langsung pakai untuk belanja, saya pakai untuk pulang kampung dan beli oleh-oleh," tuturnya.

Biasanya, dana yang ia tabung tak lebih dari 60 persen. Tahun ini, Fairuz bertekad untuk lebih berhemat agar bisa menabung lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini mau memperbanyak alokasi untuk tabungan, agar cepat nikah," pungkas Fairuz. (agi)