Puasa, Permintaan BBM di Sumatera Bagian Utara Naik Tajam

CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 23:30 WIB
Puasa, Permintaan BBM di Sumatera Bagian Utara Naik Tajam Ilustrasi BBM. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Medan, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) memprediksi akan terjadi kenaikan konsumsi avtur atau bahan bakar untuk pesawat terbang pada H-3 hingga H-2 lebaran. Potensi kenaikan terjadi sebagai akibat adanya adanya tambahan penerbangan saat Lebaran.

Unit Manager Communication & CSR (MOR) I Pertamina, Roby Hervindo mengakui untuk avtur, hingga kini belum menunjukkan kenaikan konsumsi. Meski demikian untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, Pertamina tetap mempersiapkan stok avtur.

"Diprediksi, kenaikan konsumsi avtur akan terjadi pada H-3 hingga H-2 lebaran. Dengan peningkatan hingga 7 persen dari konsumsi normal. Untuk arus balik, diestimasi peningkatan sejumlah tujuh persen terjadi pada H+3 lebaran," ujar Roby di Medan, Rabu (29/5).


Roby menambahkan selain peningkatan konsumsi Avtur, pihaknya juga memprediksi akan adanya peningkatan permintaan BBM dan elpiji. Peningkatan bahkan sudah terjadi sejak 1 - 27 Mei . Untuk premium pada periode tersebut penyaluran di Sumut meningkat 103 persen dibanding waktu normal.


"Atau setara dengan 35 juta liter," jelas Roby.

Sedangkan penyaluran elpiji subsidi 3kg, lanjut Roby meningkat sebesar 107 persen dibandingkan penyaluran normal, atau sebanyak total 9,5 juta tabung.

"Adapun stok yang tersedia dipastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Stok di TBBM Medan Grup yang mensuplai kebutuhan di Sumut, mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 20 hari ke depan," urainya.


[Gambas:Video CNN] (fnr/agt)