Pemudik Kereta DAOPS Bandung Naik 27 Persen

CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 06:06 WIB
Pemudik Kereta DAOPS Bandung Naik 27 Persen Ilustrasi penumpang kereta. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOPS II Bandung menyatakan memasuki hari ketiga masa Posko Angkutan Lebaran, secara kumulatif mereka telah mengangkut sebanyak 182.995 penumpang. Jumlah penumpang yang diangkut tersebut meningkat 27% dibanding pada 2018 yang hanya 144.029 penumpang.

Manager Humas Daop 2 Bandung Noxy Citrea mengatakan pemesanan tiket kereta untuk mudik juga tingkat keterisiannya sudah mencapai sekitar 80%.

"Artinya masih ada kursi yang tersedia baik di KA Reguler maupun di KA Tambahan," kata Noxy di Bandung, Rabu (29/5).


Namun demikian, kata Noxy, untuk kereta ekonomi jarak jauh seperti KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar, okupansinya sudah 100%. Begitu juga untuk KA Pasundan Lebaran.


Noxy menyampaikan bahwa pada tahun ini diprediksi akan ada sekitar 1.156.060 penumpang kereta dari DAOPS II atau mengalami peningkatan sekitar 6% dibanding 2018 yang hanya mencapai 1.080.527 penumpang. 

"Masa puncak mudik untuk KA Utama (eksekutif, bisnis, dan ekonomi jarak jauh) diperkirakan pada H-5, Kamis (31/5) dan untuk KA Lokal pada H-4 Sabtu (01/6). Sedangkan untuk arus balik KA Utama dan KA Lokal diperkirakan akan terjadi pada H +3, Minggu (9/6)," katanya.

Namun, menurut Noxy, masih ada juga kursi yang tersedia untuk tanggal-tanggal tertentu sepeti pada KA Lodaya, Argo Wilis, Turangga, Harina, Ciremai, Malabar, Mutiara Selatan, Kutojaya Selatan dan KA Lodaya Lebaran serta Kutojaya Lebaran.

Noxy berharap agar masyarakat mengatur jadwal keberangkatan dan segera memesan tiket sehingga mudik bersama keluarga akan lancar.

[Gambas:Video CNN] (hyg/agt)