Kemenhub Berikan Izin 357 Penerbangan Tambahan untuk Mudik

CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 19:55 WIB
Kemenhub Berikan Izin 357 Penerbangan Tambahan untuk Mudik Ilustrasi penerbangan. (Istockphoto/dmitriymoroz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan telah menyetujui pengajuan penerbangan tambahan (extra flight) sebanyak 357 penerbangan domestik atau setara dengan 60.790 kursi tambahan untuk musim Lebaran 2019 ini. Persetujuan diberikan per 27 Mei 2019.

"Kapasitas kursi angkutan udara masih sangat banyak. Apabila terjadi lonjakan penumpang kapasitas kursi yang ada masih bisa ditingkatkan melalui penambahan kursi," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Rabu (29/5).


Nur mengungkapkan persetujuan extra flight diberikan untuk mengakomodasi lonjakan permintaan penumpang. Sebagai catatan, Kemenhub memperkirakan jumlah penumpang angkutan udara selama periode mudik tahun ini mencapai 5,78 juta orang atau sekitar 25,4 persen dari 22,83 juta orang perkiraan total pemudik.


Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah pemudik angkutan udara meningkat 3,17 persen. Nur menyebutkan persetujuan penerbangan tambahan diberikan kepada Lion Air sebanyak 143 penerbangan. 
Sementara, untuk maskapai Garuda Indonesia, Kemenhub menyetujui 2 penerbangan. Sementara itu sisanya diberikan ke maskapai lainnya. 

Nur mengingatkan maskapai untuk mematuhi ketentuan tarif batas atas yang diberlakukan pemerintah. Ketentuan ini diatur dalam Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019 tentang TBA Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang diteken Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rabu 15 Mei 2019 lalu.

[Gambas:Video CNN]
(sfr/agt)