Menteri Basuki Bakal Ziarah ke Semarang Sambil Cek Trans Jawa

CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 19:41 WIB
Menteri Basuki Bakal Ziarah ke Semarang Sambil Cek Trans Jawa Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bakal menjajal suasana arus balik Lebaran menggunakan Tol Trans Jawa usai berziarah ke makam kedua orang tuanya di Semarang. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal menjajal suasana arus balik Lebaran 2019 menggunakan Tol Trans Jawa pada akhir pekan ini. Perjalanan itu rencananya akan dilakukan usai berziarah ke makam kedua orang tuanya di Semarang, Jawa Tengah.

Pada Lebaran hari pertama, Rabu (5/6), ia mengaku hanya berkeliling untuk bersilaturahmi ke para kolega di tingkat pemerintahan, mulai dari menyambangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana negara hingga sejumlah rekan menteri di rumah dinasnya.

Usai bersilaturahmi, ia mengatakan bakal bertolak ke Semarang untuk berziarah ke makam almarhum kedua orang tuanya. Rencananya, perjalanan ke Semarang dilakukan pada esok hari, Kamis (6/6) dan berakhir pada Sabtu (8/6).



"Dua hari saja biasanya (mudik), setelah itu nanti dengan Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) pada hari Sabtu-Minggu dari Madiun dan Semarang, kita ke Jakarta (melalui Tol Trans Jawa)," ucapnya di kediaman rumah dinas Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Rabu (5/6).

Menurut Basuki, rencana perjalanan itu sengaja disusunnya bersama Budi Karya untuk mengecek suasana arus balik Lebaran di tol tersebut. Meski begitu, ia mengatakan tidak ada antisipasi khusus yang disiapkan oleh kementeriannya untuk arus balik.

"Kalau saat ini, tinggal Pak Menhub dan Kepolisian saja yang kerja, saya cuma penggembira," katanya sembari berkelakar.


Secara keseluruhan, Basuki mengaku cukup puas dengan kondisi arus mudik Lebaran pada tahun ini. Sebab, laporan terkait kecelakaan dan kendala-kendala lain relatif berkurang.

"Angka kecelakaan sudah turun karena motor berkurang, lalu ada one way. Alhamdulillah setelah ada kritik (terhadap Tol Trans Jawa), akhirnya bisa bermanfaat," tutupnya. (uli/agi)