LRT Jakarta Mulai Uji Coba Publik pada 11 Juni

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 08/06/2019 10:47 WIB
LRT Jakarta Mulai Uji Coba Publik pada 11 Juni Pihak pengelola LRT Jakarta mengumumkan akan melaksanakan uji coba publik pada 11 Juni. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak pengelola Light Rail Transit (LRT) Jakarta mengumumkan akan segera melaksanakan uji coba publik pada 11 Juni. Pada tanggal tersebut, masyarakat dapat ikut serta menjajal moda transportasi baru di ibu kota itu.

Hal itu diumumkan pihak LRT Jakarta melalui akun media sosialnya, Jumat (7/6). Dalam pengumuman itu pula, masyarakat bila berminat ikut serta mesti mendaftar terlebih dahulu pada link atau pranala yang disediakan.

"Sebelum beroperasi secara komersil, kami memberi kesempatan kepada Sahabat LRTJ untuk mengikuti Program Uji Publik LRT Jakarta yang dimulai dari tanggal 11 Juni 2019," tulis pernyataan tersebut.




Melalui sejumlah unggahan di akun resmi tersebut, LRT Jakarta menyebut ada beberapa tata cara yang mesti diikuti masyarakat bila berminat menjajal LRT. Pertama-tama, masyarakat mesti mendaftar dengan mengisi data diri di pranala yang sudah disediakan.

Setelah mengisi data diri, calon penumpang mesti memilih jadwal uji publik yang disediakan. Berdasarkan jadwal yang tersedia dalam laman tersebut, masyarakat bisa memilih tanggal keberangkatan antara 11 hingga 21 Juni, baik di hari kerja maupun di akhir pekan.


Usai mendaftarkan diri, calon penumpang akan mendapatkan tiket elektronik yang dikirim ke alamat surel yang didaftarkan saat pendaftaran. Pihak LRT meminta calon penumpang untuk mengunduh tiket elektronik tersebut.

"Tunjukkan e-ticket kepada petugas ticketing di loket stasiun sesuai dengan tanggal pilihan Anda, untuk ditukar dengan SJT (Single Journey Trip)," tulis pernyataan LRT Jakarta.

Pihak LRT juga menyebut ada sejumlah syarat terkait tiket tersebut, yaitu satu tiket berlaku untuk satu orang, bisa mendaftarkan alamat surel lebih dari sekali, tiket hanya bisa divalidasi di hari keberangkatan.

Selain itu, tiket yang sudah divalidasi tidak dapat digunakan lagi, anak di bawah usia tiga tahun tidak wajib mendaftar, dan petugas berhak membatalkan keikutsertaan pendaftar yang dianggap tak memenuhi syarat.


Pada Mei lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ia optimis pengoperasian LRT Jakarta bisa dilakukan sebelum Ramadan berakhir meskipun kala itu masih terkendala masalah administrasi.

"Mudah-mudahan bisa selesai cepat, sedang dalam pembicaraan, saya sih berharap sebelum Lebaran sudah selesai," kata Anies.

LRT Jakarta diketahui memiliki rute Velodrome (Rawamangun)-Kelapa Gading sepanjang 5,9 kilometer dengan tarif flat Rp5.000 per trip.

Sepanjang itu, ada enam stasiun yang dilewati LRT yakni Velodrome, Pacuan Kuda, Pulomas, Kelapa Gading Boulevard, Mall Kelapa Gading dan Depo LRT.

[Gambas:Video CNN] (end)