BPTJ Jamin Angkutan Malam Untuk Pemudik Arus Balik

CNN Indonesia | Minggu, 09/06/2019 22:20 WIB
BPTJ Jamin Angkutan Malam Untuk Pemudik Arus Balik Ilustrasi pemudik arus balik di terminal. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menjamin seluruh terminal di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bogor (Jabodetabek) telah menyediakan angkutan malam hari (amari) untuk mengantarkan pemudik arus balik. Dengan demikian, pemudik yang busnya tiba pada dini hari tidak perlu khawatir bakal terlantar di terminal.

"Kalau mereka (penumpang) sampai sini (Jakarta) jam 12 malam, jangan sampai tidak ada bus nanti mereka tidak sampai rumah. Oleh karena itu, kami yakinkan semua terminal yang ada di Jabodetabek ada angkutan malam harinya sehingga mereka tidak keleleran (terlantar)," ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Bambang Prihartono, di kantor Kemenhub, Jakarta, Minggu (9/6).
Bambang mengungkapkan, sebenarnya amari juga beroperasi pada hari-hari biasa seperti angkutan kota (angkot). Namun, BPTJ perlu memastikan pada periode mudik amari tetap ada yang beroperasi.

Secara terpisah, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Penelitian Perhubungan, Sugihardjo, mengungkapkan penumpukan penumpang sempat terjadi di Terminal Tirtonadi, Surabaya dan Terminal Purabaya, Sidoarjo.


Berdasarkan informasi yang diterimanya, penumpukan penumpang terjadi akibat penumpang memilih bus tertentu sehingga rela menunggu bus pilihannya untuk mengantarkannya. Padahal, bus dari perusahaan otobus lain tersedia.
"Sama juga seperti di Kalideres dan di Purwokerto ada (penumpang) yang menunggu itu bukan karena tidak ada busnya tetapi menunggu bus favorit yang sudah langganan," ujarnya.

Penumpukan ini biasanya tidak sampai setengah hari atau hanya terjadi dalam hitungan jam. Sebab, begitu bus datang penumpang langsung dilayani. (sfr/ayp)