Ekonomi Jepang Kuartal I Dikoreksi, Tumbuh Lebih Mengilap

CNN Indonesia | Senin, 10/06/2019 10:41 WIB
Ekonomi Jepang Kuartal I Dikoreksi, Tumbuh Lebih Mengilap Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Jepang. (REUTERS/Thomas Peter).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ekonomi Jepang kuartal I diklaim tumbuh lebih mengilap dibanding data realisasi yang telah disajikan sebelumnya. Data revisi Kantor Kabinet Jepang mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jepang kuartal I 2019 dikoreksi menjadi 0,6 persen lebih tinggi.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Jepang disebut 2,1 persen pada kuartal I 2019. Namun, revisi menyebut pertumbuhan mencapai 2,2 persen, karena peningkatan belanja modal dan investasi berhasil membantu ekonomi Jepang lebih menggeliat.


Data revisi ini masih dipantau, di tengah spekulasi Pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe menaikkan pajak penjualan. Ada kabar, Abe akan menunda kenaikan bila data revisi menunjukkan pelemahan.

Membaiknya angka pertumbuhan ekonomi Jepang mendukung pandangan pemerintah bahwa Negeri Sakura mampu bertahan menghadapi permintaan global yang melambat dan dampak perang dagang yang ditabuhkan Amerika Serikat (AS).
[Gambas:Video CNN]
Sementara itu, laporan Bank Dunia bertajuk Global Economics Prospects edisi Juni 2019 merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi Jepang sebesar 0,1 persen pada tahun ini. Proyeksi lebih lemah tersebut menyusul ekspor Jepang ke China yang melambat.

Pun begitu, Jepang masih optimis terhadap pertumbuhan ekonominya sepanjang tahun ini, mengingat tingkat pengangguran yang rendah dan partisipasi angkatan kerja yang terus meningkat.


(AFP/bir)