Survei BI, Optimisme Konsumen Dalam Negeri Tetap Baik

CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 11:44 WIB
Survei BI, Optimisme Konsumen Dalam Negeri Tetap Baik Ilustrasi keyakinan kosumen. (Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa saat ini tingkat keyakinan atau optimisme konsumen di dalam negeri masih cukup baik. Kondisi tersebut tercermin dari indeks keyakinan konsumen di dalam negeri yang mencapai 128,2 atau meningkat dibanding April yang hanya 128,1.

BI menyatakan optimisme konsumen tersebut didorong kenaikan indeks kondisi ekonomi sebesar 2,1 poin menjadi 113,5 yang terjadi saat ini.

Kenaikan indeks tersebut terutama terjadi pada persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan dan pembelian barang tahan lama.


Walaupun demikian, BI mencatat kenaikan optimisme konsumen tersebut tidak diikuti oleh indeks ekspektasi ekonomi.


Pasalnya, pada Mei kemarin indeks ekspektasi ekonomi turun 1,9 poin dari bulan sebelumnya. 

Penurunan tersebut disebabkan oleh berkurangnya ekspektasi konsumen terhadap penghasilan dan kegiatan usaha dalam waktu enam bulan ke depan. Meski turun, BI memandang ekspektasi konsumen Indonesia terhadap kondisi ekonomi dalam negeri dalam beberapa waktu ke depan masih tetap kuat. 

Sebagai informasi indeks kepercayaan konsumen merupakan indikator ekonomi yang dirancang untuk mengukur keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi suatu negara. Indeks tersebut biasanya dilihat banyak orang untuk melihat kondisi ekonomi suatu negara.

Dengan melihat indeks tersebut, kita bisa melihat tinggi rendahnya minat konsumen dalam berbelanja dan mempengaruhi kegiatan bisnis dan industri di satu negara. 

[Gambas:Video CNN] (agt)