Kereta Sleeper Class Laris Manis selama Periode Mudik Lebaran

CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 09:47 WIB
Kereta Sleeper Class Laris Manis selama Periode Mudik Lebaran Kereta sleeper class. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut penjualan tiket kereta sleeper class pada masa angkutan Lebaran 2019 laris manis. Saat ini, KAI telah meluncurkan dua kereta sleeper, yakni Luxury 1 dan Luxury 2.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan tingkat okupansi kereta Luxury 1 sebesar 106,4 persen dengan volume penumpang mencapai 1.686 orang. Sedangkan okupansi kereta Luxury 2 sebesar 81,9 persen dengan penumpang sebanyak 4.690 orang.

"Pengoperasian KA Luxury seri 2 ini mendapatkan sambutan positif dari penumpang," ujarnya, Rabu (19/6).

Kereta Luxury 1 diluncurkan pada Juni 2018 silam. Kereta ini menjadi satu rangkaian dengan KA Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasarturi (pulang pergi/PP). Ia menjelaskan okupansi kereta Luxury mencapai 106 persen lantaran sebagian penumpang turun sebelum tujuan akhir dan digantikan dengan penumpang lainnya ke tujuan berikutnya.


Sedangkan Kereta Luxury 2 baru diluncurkan pada Mei 2019 silam. Kereta tersebut dirangkaikan langsung dengan KA Argo Lawu rute Gambir-Solo Balapan (pp), KA Argo Dwipangga rute Gambir-Solo Balapan (pp), KA Taksaka rute Gambir-Yogyakarta (pp), dan KA Gajayana rute Gambir-Malang (pp).

"Kereta ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," tuturnya.

Kereta Luxury 2 memiliki kapasitas 26 kursi, lebih banyak dibandingkan generasi pertama yang hanya 18 kursi. 

Kereta slepeer ini dilengkapi kursi yang dapat direbahkan hingga 140 derajat secara elektrik dan bisa diputar 180 derajat. Kereta ini juga memiliki sandaran kaki elektrik, televisi, USB charging power source, foldable food tray, bantal, selimut, handuk wajah, train attendance button, lampu baca, dan fasilitas untuk kenyamanan penumpang lainnya.



Tak hanya itu, penumpang juga disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan. KAI membenderol harga tiket Luxury 2 mulai dari Rp750 ribu per penumpang selama masa promo. Harga tersebut dikenakan untuk keberangkatan 26 Mei hingga 16 Juni.

Sedangkan, harga tiket Kereta Luxury 1 sebesar Rp1,25 juta. Sementara itu, harga promo Kereta Luxury 1 saat promo pada Juni 2018 silam dibenderol sebesar Rp900 ribu per penumpang.

Pemesanan tiket kereta slepeer ini dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.
[Gambas:Video CNN]

(ulf/agi)