Jokowi Bakal Angkat Isu Perang Dagang AS-China di KTT ASEAN

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 15:34 WIB
Jokowi Bakal Angkat Isu Perang Dagang AS-China di KTT ASEAN Presiden Jokowi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengangkat masalah perang dagang Amerika Serikat (AS)-China dalam pertemuan KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, 20-23 Juni 2019. Jokowi menyebut negara-negara di kawasan ASEAN harus bersatu menghadapi perang dagang kedua negara itu.

"Pertama, kita harus mengajak negara ASEAN bersatu dalam mengansisipasi perang dagang antara AS dan China agar stabilitas ekonomi ASEAN tetap terjaga. Penting sekali kita ajak negara-negara ASEAN bersatu," kata Jokowi dalam rapat terbatas 'Persiapan Kunjungan Kerja Presiden ke KTT ASEAN dan KTT G-20', di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6).

Selain soal perang dagang AS-China, Jokowi bakal mengangkat isu sampah laut. Menurutnya, permasalahan sampah laut perlu dibahas bersama negara tetangga.



Indonesia, menurut dia, juga akan membawa permasalahan yang berkaitan dengan percepatan perdamaian dan Rakhine State di Myanmar.

"Itu tiga hal yang akan kami angkat di KTT ASEAN," ujarnya.


Hadir dalam rapat terbatas kali ini, antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kemudian Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

[Gambas:Video CNN] (fra/agi)