Antam Salurkan Rp4 Miliar untuk UKM di Maluku Utara

nbl & ANTAM, CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 15:23 WIB
Antam Salurkan Rp4 Miliar untuk UKM di Maluku Utara PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) menyalurkan dana pinjaman Program Kemitraan (PK) senilai total Rp4 miliar di Buli, Maluku Utara. (Dok. Antam)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara (UBP Nikel Maluku Utara) menyalurkan dana pinjaman Program Kemitraan (PK) senilai total Rp4 miliar di Buli, Maluku Utara.

"Program Kemitraan merupakan bentuk implementasi tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang. Antam melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha mikro dan kecil," ungkap Direktur Sumber Daya Manusia Antam, Luki Setiawan Suardi.

Penyaluran bantuan yang dilakukan secara simbolis oleh Luki pada tanggal Sabtu (15/6) itu bertujuan membantu pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Diharapkan program ini dapat mengoptimalkan sumberdaya alam atau lokal seperti perikanan laut, pertanian, perkebunan," lanjut Luki.

Dana pinjaman Program Kemitraan tahap I disalurkan kepada 133 mitra yang terdiri atas beberapa bidang usaha, antara lain perdagangan sebanyak 75 orang, peternakan 16 orang, jasa 16 orang, perkebunan 1 orang, industri 8 orang, dan perikanan 17 orang.


Antam sendiri sejak 2009 telah menyalurkan Program Kemitraan di Buli, Maluku Utara senilai total Rp35 miliar dengan total jumlah mitra binaan sebanyak 1.340 orang.

Antam menyatakan ingin terus berkontribusi bagi masyarakat dan pemerintah dengan melaksanakan pembinaan kepada pelaku usaha mikro dan kecil, khususnya di sekitar wilayah operasional.

Pada kesempatan yang sama, ANTAM UBP Nikel Maluku Utara juga mengadakan kegiatan Halal Bihalal di Buli, Maluku Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Perangkat Daerah Halmahera Timur diantaranya Pemerintah Daerah Halmahera Timur beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kapolres Halmahera Timur, Kapolsek Maba, Danramil 1505-04, Camat Maba dan Kota Maba, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Luki juga menyatakan bahwa momen Hari Raya Idul Fitri 1440 H dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat sinergi, serta dalam rangka mewujudkan Visi ANTAM 2030 untuk menjadi korporasi global terkemuka melalui diversifikasi dan integrasi usaha berbasis sumber daya alam, dengan menerapkan tata nilai Perusahaan yaitu PIONEER (Professional, Integrity, Global Mentality, Harmony, Excellence, dan Reputation). (vws)