Menko Darmin Klaim Ada Maskapai LCC Sudah Turunkan Harga

CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 18:06 WIB
Menko Darmin Klaim Ada Maskapai LCC Sudah Turunkan Harga Ilustrasi pesawat terbang. (hxdyl/Thinkstock).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengklaim sudah ada maskapai berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) yang menurunkan harga tiket pesawat pekan ini. Hal itu seiring kesepakatan penurunan harga tiket pesawat antara pemerintah dan maskapai.

Namun, Darmin enggan menyebut pasti terkait maskapai LCC yang disebutnya sudah menurunkan harga tiket pesawatnya. Saat ini, setidaknya ada beberapa maskapai LCC di Indonesia, di antaranya, Lion Air, Sriwijaya Air, Wings Air, NAM Air, hingga Citilink.

"Sudah ada yang menurunkan, jadi tunggu saja. Dalam minggu ini, akan ada satu per satu (yang ikut menurunkan)," ungkap Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6).


Selain itu, mantan gubernur Bank Indonesia (BI) itu juga enggan menjabarkan nilai persentase penurunan harga tiket pesawat yang dilakukan oleh para maskapai LCC nasional. Namun, menurutnya, besaran penurunan akan sesuai dengan referensi yang telah diberikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.


"Ada tentu saja referensi di Menhub, namun kami tidak perlu mengumumkannya. Intinya, paling lambat akhir minggu ini atau awal Juli turun," katanya.

Sebelumnya, pemerintah telah meminta para maskapai berfasilitas penuh (full service) untuk menurunkan harga tiket pesawat melalui kebijakan penurunan tarif batas atas (TBA). Pemerintah dibawah koordinasi Menko Darmin memangkas TBA sekitar 12-16 persen.

Hasilnya, terjadi penurunan harga tiket pesawat jelang Lebaran lalu. Namun, penurunan itu dianggap masyarakat tetap belum meringankan beban lantaran maskapai LCC nasional hanya dihimbau untuk menurunkan harga tiket pesawat.


Untuk itu, pemerintah kembali memanggil para maskapai untuk mengevaluasi kebijakan tersebut. Hasilnya, mulai pekan ini, para maskapai LCC nasional harus menyerahkan perhitungan penurunan harga tiket pesawat kepada pemerintah.

Selain itu, pemerintah juga meminta PT Pertamina (Persero) untuk menurunkan harga avtur. Opsi terakhir yang disiapkan adalah membuka pintu bagi maskapai asing untuk masuk ke persaingan pasar penerbangan Indonesia untuk menambah tingkat kompetisi di industri ini. Meski, pemerintah turut menggarisbawahi bahwa harga tiket pesawat tidak mungkin serendah dulu lagi.

[Gambas:Video CNN] (uli/lav)