Jokowi Ingin Pasok Salak hingga Nanas ke Argentina

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 17:43 WIB
Jokowi Ingin Pasok Salak hingga Nanas ke Argentina Pertemuan bilateral RI dengan Argentina oleh Presiden Jokowi dan Presiden Argentina Mauricio Macri. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku ingin hasil pertanian, seperti buah salak, manggis, hingga nanas bisa masuk ke Argentina. Ekspor komoditas buah tropis itu menjadi satu dari sekian hal yang dibahas dalam pertemuan bilateral Jokowi dengan Presiden Argentina Mauricio Macri.

"Kami juga tadi menyampaikan perlunya dibuka komoditas-komoditas pertanian Indonesia yang bisa masuk ke Argentina, baik itu berupa salak, manggis, nanas, dan yang lain-lainnya," kata Jokowi di Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (26/6).

Jokowi menyebut rencana ekspor buah-buahan itu masuk dalam peningkatan kerja sama Indonesia-Argentina. Sebagai sesama negara agraris, ia melihat potensi kerja sama di bidang pertanian.

"Saya mendorong langkah-langkah mendekatkan pengusaha kita. Di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia," jelasnya.


Selain ekspor buah-buahan, lanjut Jokowi juga akan dilakukan kerja sama pengembangan teknologi pertanian antara kedua negara.

"Saya menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari rencana aksi kerja sama pertanian antara Argentina dan Indonesia," katanya.

Tak cuma itu, Indonesia juga akan meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dengan Argentina. Menurut Jokowi, dalam pertemuan bilateral ini akan ditandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang perdagangan, pendidikan, dan investasi.
[Gambas:Video CNN]
Presiden Argentina Mauricio Macri menyambut baik rencana ekspor buah-buahan oleh Indonesia. Macri mengaku pihaknya ingin menikmati buah-buahan yang berasal dari Indonesia. Di sisi lain, RI bisa belajar teknologi pertanian dari Argentina.

"Kami juga ingin menikmati buah-buahan yang ada di Indonesia. Indonesia juga dapat belajar untuk bidang teknologi pertanian dari Argentina supaya bermanfaat untuk kedua belah pihak," terang dia.

Jokowi dan Macri melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi mengatakan pertemuan bilateral ini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Argentina, khususnya di bidang perdagangan, pertanian, dan industri strategis.


(fra/bir)