FOTO: Jelang Peralihan Penerbangan dari Bandung ke Kertajati

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 15:46 WIB

Majalengka, CNN Indonesia -- Per 1 Juli 2019, seluruh penerbangan domestik dari dan ke Bandara Husein Sastranegara di Bandung akan beralih ke Bandara Internasional Jawa Barat, di Kertajati.

Mulai 1 Juli 2019, seluruh penerbangan domestik dari dan ke Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung akan beralih ke Bandara Internasional Jawa Barat, di Kertajati, Majalengka. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Setidaknya ada 56 penerbangan, meliputi 13 rute domestik yang akan beroperasi di Bandara Kertajati. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Maskapai yang beroperasi di Bandara Kertajati antara lain, maskapai Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink, dan Lion Air. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Bandara Kertajati memiliki luas lahan 837 hektare (ha) dengan landasan pacu sepanjang 3.000 meter. Bandara baru di Jawa Barat ini diklaim mampu menampung hingga 5 juta penumpang per tahun. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Sejak resmi beroperasi Mei 2018 lalu, Bandara Kertajati dinilai sepi penumpang. Sepanjang tahun lalu, jumlah penumpang yang dilayani hanya 35 ribu orang. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Peralihan seluruh penerbangan domestik diperkirakan meningkatkan jumlah penumpang di Bandara Kertajati menjadi sekitar 6 ribu penumpang per hari. Angka ini berasal dari jumlah penumpang di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, yang melayani sekitar 9.000 penumpang per hari. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, disebut menghabiskan dana investasi mencapai Rp2,6 triliun. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah Jawa Barat diimbau memanfaatkan Bandara Kertajati dalam melakukan perjalanan dinas dengan moda transportasi udara. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Tak hanya maskapai, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) tengah mengkaji pembangunan fasilitas perawatan pesawat di Bandara Kertajati. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Kebijakan pengalihan Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati merupakan rancangan kebijakan yang sudah diputuskan sejak 12 tahun lalu. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Untuk masa transisi, mulai 1 Juli nanti, operator Bandara Kertajati akan merangkul kerja sama dengan penyedia jasa angkutan, seperti Perum Damri, operator bus, dan transportasi daring, memberikan diskon hingga kursi gratis untuk layanan antar jemput. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Suasana jelang peralihan seluruh penerbangan domestik di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Rabu, (26/6). (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).