Jokowi Hadiri KTT G20 Bahas Digitalisasi hingga Perang Dagang

CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 04:08 WIB
Jokowi Hadiri KTT G20 Bahas Digitalisasi hingga Perang Dagang Presiden Joko Widodo. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Osaka, Jepang dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Kamis (27/6) malam. Kepergian Jokowi menuju Negeri Sakura adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar negara anggota forum G20.

Jokowi meninggalkan Tanah Air usai memberikan pernyataan terkait putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilihan presiden dan wakil presiden yang diadukan oleh kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dalam kunjungan kerja ke Osaka, Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.


Pada KTT G20, kepala negara mengatakan bakal membahas setidaknya dua isu penting, yaitu terkait inovasi di bidang digital ekonomi dan upaya dalam mengatasi kesenjangan. Selain itu, ia juga akan mengajak para perwakilan negara yang hadir untuk membahas kembali masalah perang dagang antara Amerika Serikat dan China.


"Saya juga ingin ingatkan kolega yang hadir, baik perdana menteri dan raja, terkait situasi dunia yang sekarang ini dipenuhi oleh ketidakpastian dan dibayangi dengan isu perang dagang yang semakin besar," ungkapnya sebelum terbang ke Osaka.

Ia pun berharap agar para negara anggota forum G20 bisa menunjukkan kearifan dan kepemimpinan yang kolektiv, sehingga situasi yang lebih baik bisa didapat oleh seluruh negara di dunia.



"Situasi ini kami belum tahu, tapi kami ingin agar para pemimpin semuanya menunjukan kearifannya dan kebijakannya demi kebaikan ekonomi dunia," katanya.

Di sisi lain, mantan gubernur DKI Jakarta itu akan pula membahas hubungan bilateral dengan 14 negara. Namun, ia masih enggan merinci negara-negara mana saja yang sekiranya akan berdiskusi dengan Indonesia terkait perekonomian.

"Yang mengajukan untuk bilateral ada 14 negara, ada 14 pemimpin, tapi pengajuannya saya belum tahu," ungkapnya.

Pertemuan KTT G20 akan berlangsung pada Jumat (28/6) sampai Sabtu (29/6). Setelah pertemuan itu, Jokowi dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Sabtu siang.

[Gambas:Video CNN] (uli/agr)