Trump Bahas Perdagangan Global dengan PM Jepang di KTT G20

CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 10:32 WIB
Trump Bahas Perdagangan Global dengan PM Jepang di KTT G20 Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (MANDEL NGAN / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku akan membahas persoalan perdagangan global dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang.

Hal itu dilakukan Trump ketika Negeri Paman Sam berambisi untuk memangkas defisit perdagangan besar.

"Kami akan berbicara tentang banyak hal, juga berbicara tentang banyak perdagangan. Saya menghargai kenyataan bahwa Jepang mengirim banyak perusahaan mobil ke Michigan, Ohio, Pennsylvania dan North Carolina, "kata Trump pada awal pembicaraan seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/6).


Pernyataan Trump juga merujuk pada negara-negara yang kritis terhadap upayanya untuk memenangkan pemilihan presiden tahun depan.


Tokyo dan Washington terlibat dalam pembicaraan perdagangan yang sulit karena kebijakan Trump berupaya untuk menurunkan defisit perdagangan AS.

Trump sedang mempertimbangkan untuk mengenakan tarif yang tinggi terhadap produk mobil dan suku cadang impor dengan alasan keamanan nasional. Namun, pada Mei lalu, Trump mengatakan akan menunda keputusan hingga enam bulan karena pembicaraan berlanjut dengan Jepang dan Uni Eropa.

Ketika dimintai keterangan terkait kebijakan tarif ekspor mobil Jepang ke Amerika Serikat, Trump menegaskan bahwa ia akan membahas perdagangan dengan Abe dan memastikan pembahasan tersebut akan berakhir positif.

Abe menyambut kunjungan Trump dan mengatakan pertemuan yang sering dilakukan kedua pemimpin itu merupakan diskusi terbaru dari perbincangan Mei lalu. Hal ini juga dianggap sebagai bukti aliansi kuat antara AS dan Jepang.


Trump mengatakan keduanya juga akan membahas pembelian peralatan militer AS oleh Jepang. (Reuters/lav)