Perang Dagang, Trump Sebut Tak Buru-buru Sepakat dengan China

CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 15:32 WIB
Perang Dagang, Trump Sebut Tak Buru-buru Sepakat dengan China Presiden AS Donald Trump. (Jacquelyn Martin/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping berjalan lancar dan lebih baik dari yang diharapkan. Namun, ia menegaskan tidak terburu-buru untuk mencapai kesepakatan dagang. 

"Kualitas kesepakatan lebih penting dari pada kecepatan. Saya tidak terburu-buru, tetapi segalanya terlihat sangat baik," ujar Trump melalui akun Twitter-nya.

Trump juga mengatakan setuju tak menaikkan tarif impor barang China. Namun, dia juga menegaskan tak ada pengurangan atas tarif yang saat ini berlaku pada barang-barang China.



Dalam pertemuan dengan Xi Jinping, menurut dia, kedua negara telah setuju melanjutkan negosiasi yang sempat mandek. Trump juga telah mencabut larangan bagi perusahaan AS bekerja sama dengan Huawei sepanjang tak berdampak pada keamanan nasional.

Ia juga menyebut China siap membeli produk pertanian AS dalam jumlah besar.

Kendati demikian, dikutip dari Reuters, sejumlah media China memberitakan bahwa kesepakatan dagang antara kedua negara masih harus menghadapi jalan panjang, dengan kemungkinan lebih banyak pertikaian.

Dua ekonomi terbesar di dunia ini berada di tengah-tengah perang dagang. Mereka saling mengenakan tarif impor untuk barang dari kedua negara. (Reuters/agi)