China Buka Investasi Asing untuk 8 Sektor Mulai 30 Juli

CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 20:10 WIB
China Buka Investasi Asing untuk 8 Sektor Mulai 30 Juli Presiden China Xi Jinping. (REUTERS/Ahim Rani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah China bakal menghapus pembatasan investasi asing pada sejumlah sektor usaha mulai 30 Juli mendatang. Hal ini bakal dilakukan dengan mengurangi jumlah sektor usaha yang masuk dalam daftar negatif investasi asing dari saat ini 48 sektor menjadi 40 sektor. 

China saat ini memiliki daftar negatif yang menyatakan industri mana yang tertutup bagi investasi asing.

Dikutip dari AFP, Kementerian Perdagangan dan National dan Komisi Reformasi dan Pembangunan China menyebut daftar itu akan dikurangi dari 48 sektor menjadi 40 sektor.



Pengumuman ini muncul sehari setelah Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (30/6). Keduanya setuju untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan yang sempat mandek pada Mei.

China dan AS telah terlibat dalam perang dagang sejak tahun lalu melalui perang tarif yang dilakukan oleh masing-masing negara pada barang-barang senilai US$360 miliar.

Trump menuntut China untuk melakukan reformasi struktural untuk menjamin perlakuan yang adil bagi investor asing.


Awal bulan ini, perdana menteri China Li Keqiang berjanji pasar negaranya akan dibuka lebih jauh untuk bisnis asing.

"Kami akan melunakkan pintu masuk ke lebih banyak sektor untuk menciptakan lingkungan bisnis internasional, yang didirikan di pasar dan hukum," kata Li kepada perwakilan perusahaan multinasional di Aula Besar Rakyat yang mewah di Beijing.

China mengadopsi undang-undang pada bulan Maret yang bertujuan untuk memberikan investor asing hak yang sama dengan perusahaan Cina di sebagian besar sektor, kecuali yang ditempatkan pada "daftar negatif".

[Gambas:Video CNN] (AFP/agi)