AS Akan Kerek Tarif Impor Keju, Babi, dan Wiski dari Eropa

CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 08:41 WIB
AS Akan Kerek Tarif Impor Keju, Babi, dan Wiski dari Eropa Ilustrasi keju. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengusulkan penerapan tarif US$4 miliar untuk impor berbagai produk dari Uni Eropa. Mulai dari keju parmesan, daging babi, wiski, sosis, pasta, hingga zaitun.

"Hari ini, Kantor Perwakilan Dagang AS mengeluarkan komentar publik terkait daftar tambahan produk yang berpotensi dikenakan tarif tambahan," ujar Kantor Perwakilan Dagang AS, seperti dilansir AFP, Selasa (2/7).


Potensi tarif tambahan, sambung pernyataan tersebut, dikarenakan subsidi Uni Eropa yang besar terhadap maskapai pesawat komersial mereka.

"Daftar produk tersebut akan menambah 89 sub-pos tarif baru dengan perkiraan nilai perdagangan US$4 miliar dari daftar sebelumnya pada 12 April," tulis keterangan resmi tersebut.

Diketahui, selama lebih dari 14 tahun, AS dan Uni Eropa saling menuduh satu sama lain terkait subsidi raksasa maskapai penerbangan Boeing dan Airbus. Pertengkaran Boeing dengan Airbus ialah perselisihan terpanjang dan paling rumit yang ditangani Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
[Gambas:Video CNN]
Presiden AS Donald Trump menuding Uni Eropa telah melakukan praktik perdagangan yang tidak adil dan cenderung merugikan AS.

Perang dagang AS dengan Uni Eropa datang di tengah perselisihan AS dengan China. AS telah mengenakan tarif hingga ratusan miliar dolar terhadap produk-produk China.


(AFP/bir)