Antam Kucurkan Pinjaman Rp11,4 Miiar ke Mitra di 4 Provinsi

Inalum, CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 14:17 WIB
Antam Kucurkan Pinjaman Rp11,4 Miiar ke Mitra di 4 Provinsi Rangkaian kegiatan HUT ke-51 PT Antam. (Foto: Dok. INALUM)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Aneka Tambang (Persero) Tbk menyalurkan dana pinjaman Program Kemitraan (PK) senilai Rp11,4 miliar di Maluku Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat dan Jakarta.

"Program Kemitraan adalah salah satu bentuk implementasi tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat terutama di wilayah operasi perusahaan," ujar Direktur Sumber Daya Manusia PT Antam Luki Setiawan Suardi pada perayaan HUT Ke-51 PT Antam dalam keterangannya, Rabu (10/7).

Pinjaman itu digelontorkan Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara (UBP Nikel Malut) senilai Rp4 miliar kepada 133 mitra binaan. Acara itu dilanjutkan dengan pasar murah bersama Polres Halmahera Timur, pengembangan budidaya kopi Halmahera di Kecamatan Maba Tengah dan Wasile dengan target 100 ribu bibit.


Semarak hari lahir PT Antam juga terasa sampai di Kalimantan Barat. Unit Bisnis Pertambangan Bauksit di Tayan juga menyalurkan dana pinjaman PK senilai Rp1,59 miliar untuk 29 mitra binaan. Pada hari yang sama, diadakan kegiatan donor darah dan sunatan massal bagi warga yang tinggal wilayah di sekitar Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Toba.


Selain itu, masyarakat di Desa Pedalaman, Tanjung Bunut, Balai Belungai, Lumut, dan Teraju merasakan manfaat lain yakni program elektrifikasi.

78 Mitra Binaan

Beralih ke Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara, UBP Nikel Sultra menyiapkan dana pinjaman PK sebesar Rp2,5 miliar bagi 78 mitra binaan. Terdiri atas beberapa bidang usaha antara lain perdagangan, peternakan, jasa, perkebunan, industri, perikanan, dan pendidikan.

Pada bidang pendidikan disalurkan Paket Perlengkapan Pendidikan dengan target 1.500 paket sekolah dasar (SD) di Pomalaa dan Kumoro serta bantuan beasiswa pendidikan yang telah melahirkan lima sarjana pada angkatan pertama.


Sementara itu, Unit Bisnis Pertambangan Emas di Pongkor, Jawa Barat menyalurkan dana pinjaman PK senilai Rp2,06 miliar untuk 56 mitra binaan serta kegiatan bantuan Rehabilitasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di 12 desa.

Sementara di kantor pusat Jakarta, PT Antam menyiapkan dana pinjaman PK sebesar Rp1,25 miliar bagi 37 mitra binaan di Jakarta dan sekitarnya. (asa)