Laporan Grant Thornton: Pelaku Usaha Bakal Naikkan Harga

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 06:39 WIB
Laporan Grant Thornton: Pelaku Usaha Bakal Naikkan Harga Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- International Business Report (IBR) yang dirilis Grant Thornton melansir 69 persen pelaku usaha di Indonesia memiliki harapan tinggi untuk menaikkan harga. Harapan tersebut tertinggi dibanding survei periode sebelumnya, yaitu pada paruh kedua tahun lalu.

Dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (10/7), pelaku usaha menunjukkan sinyal positif selepas perhelatan pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Sebanyak 79 persen pelaku usaha nasional yang disurvei berharap untuk memperoleh pendapatan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan. Angka ini melejit dibanding periode sebelumnya yang berada di level 62 persen. Bahkan, jauh di atas rata-rata ASEAN yang sebanyak 54 persen.

Secara umum, optimisme bisnis pelaku usaha Indonesia berada di urutan ketiga di dunia di level 66 persen. Optimisme tersebut mengekor Filipina dan Vietnam yang berada di posisi pertama dan kedua.


Kendati optimisme pelaku usaha cukup baik di ASEAN, tidak demikian halnya dengan pebisnis di dunia. Secara global, optimisme pelaku usaha melandai untuk satu tahun ke depan. Optimisme pelaku usaha global berada di level 32 persen atau turun dari periode survei sebelumnya yang sebesar 39 persen.

Level optimisme pelaku usaha global ini tercatat yang terendah sejak 2016 lalu.

Ketidakpastian ekonomi masih diidentifikasi pelaku usaha sebagai kendala dari beberapa survei terakhir yang dilakukan. Meningkatnya ketidakpastian membuat kekhawatiran pelaku usaha akan berkurangnya permintaan di waktu yang akan datang.


Dengan permintaan yang lemah, pelaku usaha tampak mulai fokus pada rencana investasi yang berkualitas, seperti riset dan pengembangan (R&D) yang jauh lebih sehat, dan rencana investasi teknologi yang kuat.


(bir)