Operasional Bandara Kertajati, Damri Angkut 11 Ribu Penumpang

CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 07:48 WIB
Operasional Bandara Kertajati, Damri Angkut 11 Ribu Penumpang Ilustrasi Bandara Kertajati. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Bandung, CNN Indonesia -- Perum Damri mengklaim telah mengangkut 11 ribu penumpang dari Bandung ke Kertajati sejak Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) beroperasi pada 1 Juli 2019 hingga 14 Juli 2019. Layanan angkutan bus tersebut diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Ryan P, Koordinator BIJB di pool Damri Bandung menuturkan minat warga untuk mencoba moda transportasi massal ini cukup tinggi karena dalam satu hari perjalanan saja, belasan armada bus bisa mengangkut lebih dari 1.000 penumpang.

"Antusias penumpang sangat besar sekali. Bahkan, per satu hari untuk jam paling ideal, yaitu keberangkatan pukul 02.00 dini hari bisa sampai 246 orang sekaligus. Di saat puncak keberangkatan, kami menyediakan 6 unit bus," ujarnya, Senin (15/7).

Lebih lanjut ia mengatakan puncak arus penumpang terbanyak yang berangkat ke BIJB Kertajati terjadi pada akhir pekan, seperti Minggu.


"Selalu terjadi kenaikan setiap hari. Apalagi, di hari Minggu. Kemarin saja, per satu hari dari Bandung mencapai 1.200 penumpang," imbuh Ryan.

Secara rata-rata, jumlah penumpang mencapai 1.000 per hari, baik dari Bandung ke Kertajati maupun sebaliknya. Sementara, rata-rata armada yang beroperasi sekitar 15 sampai 16 unit bus.

"Karena ini merupakan instruksi dari pimpinan, kami akan berusaha terus melayani agar tidak ada satu pun yang tidak terangkut Damri," katanya.
[Gambas:Video CNN]
Sekadar mengingatkan, seluruh penerbangan domestik di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, resmi beralih ke BIJB Kertajati di Majalengka per 1 Juli 2019.

Pada hari pertama kebijakan pengalihan, pool bus Damri di Bandung ramai dikunjungi calon penumpang. Damri sendiri menerapkan layanan gratis selama satu bulan penuh hingga 31 Juli 2019.

Rencananya, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan subsidi untuk penggunaan bus Damri secara gratis selama satu tahun di Bandara Kertajati. Ini dilakukan sambil menunggu pembangunan tol Cisamdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan selesai tahun ini.


(hyg/bir)