Bea Cukai Beri Insentif untuk Marketplace yang Mau Buka Data

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 09:06 WIB
Bea Cukai Beri Insentif untuk Marketplace yang Mau Buka Data Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) akan memberikan insentif bagi penyedia platform penjualan online (marketplace) yang bersedia menyinergikan datanya dengan milik mereka.

"Bagi mereka yang mau gabung akan diberikan privilege berupa kemudahan pada saat clearance, verifikasi yang lebih simpel karena kami sudah mendapatkan akses data," ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Selasa (16/7).


Heru mengungkapkan institusinya akan menyiapkan teknologi yang dapat menyinergikan data marketplace dengan sistem bea cukai. Dengan demikian, institusinya bisa mendapatkan data yang cepat, akurat, dan mudah. Hal ini akan mempermudah dalam proses pengawasan kepabeanan.


"Bagi yang tidak mau ya tidak akan kami paksa tetapi tentunya verifikasi lebih perlu waktu karena kami tidak punya data real time yang bisa diambil sewaktu-waktu," ujarnya.

Ia mengaku sudah mengundang beberapa penyedia platform marketplace. Diharapkan, pertemuan dapat berlangsung pekan ini.

"Minggu ini kami berencana untuk berbicara (dengan penyedia jasa marketplace). Secara personal saya sudah mengundang mereka. Resminya saya akan lihat. Tim teknis juga sudah saya minta segera menindaklajutinya," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(agt/agt)