IHSG Diprediksi Kokoh Usai BI Pangkas Suku Bunga Acuan

CNN Indonesia | Jumat, 19/07/2019 06:55 WIB
IHSG Diprediksi Kokoh Usai BI Pangkas Suku Bunga Acuan Ilustrasi perdagangan saham.(CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramalkan kokoh pada Jumat (19/7). Keputusan Bank Indonesia (BI) untuk memangkas suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan ini disambut gembira oleh investor.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengungkapkan optimisme investor kembali tumbuh usai penurunan suku bunga acuan. Rata-rata jumlah transaksi beli pun berpotensi meningkat dari sebelumnya.

"Secara teknikal mengindikasikan potensi penguatan setelah mengalami koreksi beberapa hari terakhir," ucap Dennies dalam risetnya.



Diketahui, BI akhirnya menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps). Alhasil, suku bunga acuan kini berada di level 5,75 persen dari sebelumnya 6 persen.

Dengan sentimen tersebut, Dennies yakin IHSG akan melenggang bebas di zona hijau. Ia memprediksi indeks hari ini bergerak dalam rentang support 6.364-6.384 dan resistance 6.415-6.426.

Tak sepakat, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah berpendapat IHSG bakal melemah. Menurutnya, investor akan banyak melakukan transaksi jual dibandingkan beli pada hari ini.


"Kami memproyeksikan IHSG cenderung melemah diperdagangkan akhir pekan ini dengan support resistance 6.368-6.420," papar Lanjar melalui risetnya.

IHSG kemarin langsung berbalik hijau setelah Bank Sentral Indonesia mengumumkan penurunan suku bunga acuan. Indeks ditutup di level 6.403 dengan penguatan 0,13 persen atau 8,68 poin.

Sementara, bursa saham Wall Street juga ditutup positif tadi malam. Dow Jones menguat 0,01 persen, S&P500 0,36 persen, dan Nasdaq Composite 0,27 persen.
[Gambas:Video CNN] (aud/agi)


BACA JUGA