Jasa Marga Terbitkan Sukuk Syariah Senilai Rp785 M

CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 18:25 WIB
Jasa Marga Terbitkan Sukuk Syariah Senilai Rp785 M Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT) menerbitkan sukuk ijarah jangka menengah senilai Rp785 miliar melalui penawaran terbatas.

Sukuk ijarah perdana dalam bisnis di jalan jalan tol menjadi instrumen pendanaan kedua tahun ini yang diterbitkan oleh Jasa Marga melalui capital market.

Secara rinci, sukuk ijarah menengah ini terbagi dalam dua tranche, yaitu Seri A dan Seri B. Jumlah yang ditawarkan untuk Seri A senilai Rp100 miliar dengan cicilan imbalan ijarah 8,50 persen dan bersifat tetap. Seri A memiliki tenor 3 tahun dan akan jatuh tempo pada 17 Juli 2022.


Sedangkan untuk Seri B memiliki nilai Rp685 miliar dengan cicilan imbalan ijarah 9,00 persen dan besifat tetap. Seri B memiliki tenor 5 tahun dan akan jatuh tempo pada 17 Juli 2024.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menjelaskan penerbitan sukuk ijarah ini memperbesar basis investor dengan menyediakan produk Syariah untuk investor berbasis Syariah.

"Bisa dibayangkan dalam tiga tahun kita mengoperasikan jalan tol 600 km lebih dan seberapa besar dampaknya ke perusahaan. Perlu keberanian untuk mengeksekusi pekerjaan tersebut, untuk mengeksekusi nilai investasi tersebut. (Maka) penting memerlukan kreativitas funding," ungkap Desi melalui keterangan resmi.

PT JPT memiliki konsesi atas Jalan Tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,60 km dengan masa konsesi selama 37 tahun dan telah beroperasi sejak tahun 2015. Ruas ini menghubungkan Jalan Tol Surabaya-Gempol, Jalan Tol Gempol-Pasuruan, dan Jalan Tol Pandaan-Malang. (evn/vws)