Mandiri Eror, Nasabah Ramai Tanya Kepastian Saldo

els, CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 15:14 WIB
Mandiri Eror, Nasabah Ramai Tanya Kepastian Saldo Bank Mandiri Kantor Cabang Ciputra, Jaksel, Sabtu (20/7). (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suasana Bank Mandiri Kantor Cabang Ciputra, Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7), lengang. Dua orang petugas keamanan tampak berjaga di depan kantor, sementara layanan customer service hanya melayani satu-dua nasabah.

Meski demikian, kantor cabang ini sempat dikunjungi nasabah yang memastikan saldo rekeningnya. Moulia Dewi, Kepala Kantor Cabang Bank Mandiri, menuturkan ada sekitar 40 nasabah yang datang untuk komplain terkait saldo rekeningnya.

"Sejauh ini komplainnya saldo berkurang tetapi tidak semua. Kebanyakan hanya bertanya untuk memastikan saldo," kata Lia saat ditemui di Bank Mandiri Kantor Cabang Ciputra, Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7).


Menurut dia, kemungkinan nasabah mengetahui masalah eror pada saldo dari pemberitaan media. Sembari memastikan jumlah saldo rekening, ada pula nasabah yang meminta cetakan rekam jejak transaksi terakhir yang dilakukan.

Pihaknya sudah memastikan pada nasabah bahwa sejauh ini sistem masih dalam masa perbaikan. Bank pun melakukan pemblokliran sehingga nasabah tidak bisa melakukan penarikan di ATM.

Salah satu nasabah yang enggan disebutkan namanya mengaku kesulitan melakukan transaksi karena proses perbaikan masih berlangsung.

"Saya enggak ada rekening bank lain, enggak bisa narik uang juga. Tapi enggak masalah sih, yang penting uang saya masih aman," tuturnya.

Sebelumnya, pagi tadi sebagian nasabah Bank Mandiri mengeluh akibat saldo rekeningnya berubah. Bak siluman, ada yang saldo rekeningnya bertambah drastis, ada pula yang berkurang.

Rohan Hafas, Corporate Secretary Bank Mandiri, menyampaikan perubahan saldo rekening terjadi saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun terjadi error pada data saldo 10 persen nasabah Bank Mandiri.

Pihaknya memastikan saldo akan kembali normal dalam kurun waktu dua jam.

"[Jika uang belum kembali setelah dua jam] kami ada banyak jalur, email call center, dan lain-lain. Kami berusaha memperbaiki itu. Kan ada sistem sehingga data bisa kembali seperti sedia kala," katanya saat konferensi pers di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7).

[Gambas:Video CNN]
(arh)