Listrik Padam, Layanan Sebagian ATM Bank Terganggu

CNN Indonesia | Minggu, 04/08/2019 18:34 WIB
Listrik Padam, Layanan Sebagian ATM Bank Terganggu Layanan ATM terganggu karena listrik padam. (ANTARA FOTO/Lucky R)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemadaman listrik di sejumlah titik di Jabodetabek menyebabkan sebagian layanan perbankan terganggu. Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia (BCA) Jan Hendra mengatakan pemadaman listrik mengakibatkan terganggunya sebagian layanan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namun, ia memastikan nasabah tetap dapat melakukan transaksi melalui layanan elektronik BCA

"Antara lain BCA mobile, Internet Banking, Klik BCA, dan Sakuku BCA," katanya dari keterangan tertulis.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Meiliana mengatakan meski terganggu, namun operasional sebagian besar mesin ATM BNI di area yang terkena pemadaman listrik oleh PLN tetap berjalan normal. Saat ini masih terdapat lebih dari 15 ribu ATM BNI yang bisa melayani transaksi nasabah di seluruh Indonesia.


"BNI memastikan operasional ATM yang berada di luar gedung kantor cabang (off branch) akan kembali normal setelah pasokan listrik ke gedung pulih," katanya.

Dia menganjurkan nasabah menggunakan mesin-mesin ATM yang berada di dalam area kantor cabang BNI. Di sana memiliki cadangan daya yang memadai.
Nasabah juga dapat menggunakan ATM BNI di area yang memiliki pasokan listrik gedung yang cukup, misalnya di pusat perbelanjaan, restoran, bandara atau area ruang publik yang memiliki pasokan listrik genset.

Transaksi juga masih dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna setia ATM BNI," tuturnya.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Rohan Hafas memperkirakan akan terjadi gangguan pada mesin ATM akibat gangguan listrik.
"Kami memperkirakan beberapa ATM yang berlokasi di luar cabang Bank Mandiri atau di gedung yang tidak memiliki genset, akan mengalami gangguan karena daya tahan baterai (UPS) hanya untuk 1-2 jam," katanya.

Namun, ia memastikan layanan perbankan utama beroperasi normal karena seluruh jaringan kantor cabang Bank Mandiri memiliki genset untuk mem-back up pasokan listrik. Ia melanjutkan, perseroan terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pengelola-pengelola gedung untuk memastikan dan me-monitoring ketersediaan pasokan listrik untuk ATM dan EDC Bank Mandiri.

Untuk layanan mandiri online, lanjut Rohan, juga dipastikan tetap berjalan normal. Namun, layanan ini dapat terimbas jika jaringan seluler di lokasi nasabah terganggu.

"Kami terus memastikan bahwa layanan perbankan Bank Mandiri tetap berfungsi untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat," ujar Rohan.
Diketahui, listrik padam di sejumlah titik di wilayah Jabodetabek sekitar pukul 11.50 WIB. Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengonfirmasi sejumlah wilayah terdampak pemadaman listrik yang terjadi Jumat (4/8).

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menyebut gangguan transmisi menyebabkan listrik padam di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat hingga Jawa Tengah. Suprateka menyebut gangguan terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang, Jawa Tengah 500 kV, yang mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Selain itu terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area Jawa Barat. "Diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa," ujarnya menjelaskan.
[Gambas:Video CNN] (ulf/sur)