Operasional Bank Tak Terganggu Mati Listrik

CNN Indonesia | Senin, 05/08/2019 12:10 WIB
Operasional Bank Tak Terganggu Mati Listrik Ilustrasi ATM. (REUTERS/Beawiharta).
Jakarta, CNN Indonesia -- Industri perbankan memastikan operasional layanan kepada nasabah tidak akan terganggu meskipun listrik mati. Pasalnya, bank menyiapkan mesin generator set (genset) di masing-masing kantor cabang.

PT PLN (Persero) seperti diketahui akan melakukan pemadaman listrik secara bergilir pada hari ini, Senin (5/8).

PT Bank Central Asia Tbk alias BCA, salah satunya. Bank swasta nomor wahid itu menjamin layanan transaksi berjalan normal pada hari ini, meskipun berada di wilayah terdampak pemadaman listrik. Tak terkecuali layanan kantor cabang yang berdiri sendiri, di gedung perkantoran, hingga pusat perbelanjaan.

"Semua cabang kami ada genset dan siap dengan (bahan bakar) solar. So, no worries (jadi tak perlu khawatir)," ungkap Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja kepada CNNIndonesia.com, Senin (5/8).

Namun demikian, Jahja tak menampik kemungkinan gangguan layanan untuk mesin-mesin ATM yang berdiri sendiri di luar dari yang disebutkan di atas. Misalnya, mesin ATM yang di pinggir jalan hingga di pusat-pusat ATM di wilayah terdampak pemadaman listrik bergilir.

Setidaknya, ada 3.000 mesin ATM milik BCA yang tersebar di luar kantor cabang, gedung perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Mesin-mesin ATM tersebut terpampang di pinggir jalan.

Pun begitu, Jahja mengklaim jumlah mesin ATM yang tak terganggu mati listrik tetap lebih banyak ketimbang yang berpotensi terdampak pemadaman listrik. "Ada 14 ribu mesin ATM yang beroperasi normal. Jadi, tidak ada alasan susah ambil karena sudah tersedia dimana-mana," terang dia.

Selain mesin ATM, layanan dengan mesin-mesin perekam data transaksi (Electronic Data Capture/EDC) juga berpotensi terganggu. Sebab, ada beberapa toko (merchant) yang tak memiliki genset, sehingga mesin EDC kemungkinan terdampak pemadaman.

Oleh karena itu, Jahja mengimbau agar nasabahnya memasok uang tunai dari mesin-mesin ATM yang masih berfungsi. "ATM di cabang dan mall ada genset, jadi tidak masalah, bisa ambil uang tunai. Kalau EDC mati, ya bisa pakai tunai. Semua dibawa santai saja," katanya.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga menyediakan sejumlah genset untuk memastikan operasional kantor cabang dan mesin ATM bisa berjalan normal. Namun, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas juga tak memungkiri bila ada kemungkinan beberapa mesin ATM tidak bisa digunakan ketika terjadi pemadaman listrik bergilir.

"Padamnya listrik tidak mengganggu layanan perbankan di kantor cabang, kecuali mesin ATM yang berdiri sendiri, yang tidak di gedung yang memiliki genset," tandas Rohan.
[Gambas:Video CNN]


(uli/bir)