Laba Softbank Group Tumbuh Tiga Digit

CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 06:00 WIB
Laba Softbank Group Tumbuh Tiga Digit Ilustrasi logo Softbank. (REUTERS/Yuya Shino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Softbank Group Jepang mencatat laba bersih periode April-Juni 2019 sebesar 1,12 triliun yen atau setara US$10,5 miliar. Laba tersebut tercatat tumbuh tiga digit atau 257,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Ini adalah pertama kalinya, laba bersih kuartalan kami melampaui 1 triliun yen Jepang. Ini kinerja yang luar biasa," kata CEO Softbank Masayoshi Son, dikutip AFP, Rabu (7/8).

Laba Softbank meroket berkat keuntungan tertunda dari penjualan saham di raksasa e-commerce China, Alibaba, pada 2016 lalu. Keuntungan yang dikantonginya sebesar 857 miliar yen.

Di bawah pimpinan taipan Son, bisnis Softbank bersulih dari perusahaan perangkat lunak menjadi perusahaan investasi. Softbank diketahui getol memarkirkan dana ke berbagai perusahaan rintisan (startup).

Tak terkecuali perusahaan transportasi daring (ojek online) Grab Indonesia. Pekan lalu, Softbank mengatakan menanam investasi senilai US$2 miliar atau setara Rp28 triliun untuk membangun kantor pusat Grab di Indonesia.

Softbank juga mengatakan akan menggandeng kerja sama dengan perusahaan teknologi Apple dan Microsoft untuk mempercepat revolusi kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI). Tidak tanggung-tanggung, investasi yang akan digelontorkannya mencapai US$108 miliar.

[Gambas:Video CNN]


(hns/bir)