Daftar 22 Penjual Sukuk Tabungan ST005

CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 18:46 WIB
Daftar 22 Penjual Sukuk Tabungan ST005 Gedung Kementerian Keuangan. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) merilis Surat Berharga Negara ritel jenis Sukuk Tabungan seri ST005. Ada 22 mitra distribusi alias penjual sukuk ritel teranyar tersebut.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman mengatakan saving bond ritel seri SBR007 didistribusikan oleh 20 mitra.

"Sekarang, totalnya 22 mitra distribusi. Ada 14 bank, fintech, perusahaan sekuritas, dan sekuritas khusus," ujarnya di Jakarta, Kamis (8/8).

Mereka adalah perbankan, mulai dari BCA, Bank Mandiri, BNI, Bank Permata, BRI, BTN, Bank CIMB Niaga, Bank DBS Indonesia, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank Maybank Indonesia, HSBC Indonesia, dan dua bank syariah, yaitu Bank Syariah Mandiri, serta BRI Syariah.

Kemudian, Trimegah Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Bareksa Portal Investasi, Star Mercato Sejahtera Investama, Nusantara Sejahtera Investama, Investree Radhika Jaya, dan Mitrausaha Indonesia Group.

Melalui distribusi 22 mitranya tersebut, pemerintah menargetkan meraup Rp2 triliun dari penjualan ST005. Jumlah ini sama persis dengan penerbitan surat utang sebelumnya.

"Masa penawaran berlaku selama dua pekan, yaitu 8-21 Agustus 2019," tutur Luky.


Investor yang berminat juga dapat memesan secara online melalui situs Kemenkeu di www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan atau mengakses layanan yang diberikan lewat mitra distribusi.

ST005 menggunakan skema floating with floor alias imbal hasil mengambang sebesar 7,40 persen. (uli/bir)