Citibank Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp1,6 T di Semester I

Citibank, CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 19:20 WIB
Citibank Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp1,6 T di Semester I Citibank N.A., Indonesia (Citibank) berhasil mempertahankan kinerja dan pertumbuhan positif dengan membukukan laba bersih sebesar Rp1,6 triliun. (Dok. Citibank)
Jakarta, CNN Indonesia -- Citibank N.A., Indonesia (Citibank) berhasil menutup semester pertama 2019 dengan mempertahankan kinerja dan pertumbuhan positif dengan membukukan laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun, meningkat 97% dari periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan laba bersih memberikan kontribusi pada peningkatan Return on Equity (ROE) menjadi 20,14%, meningkat dari 10,31% pada semester I 2018 dan Return on Asset (ROA) menjadi 4,97%, meningkat dari 2,88% di periode yang sama tahun lalu.

Rasio permodalan dan kualitas aset tetap terjaga dengan baik dengan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 24,56% dan rasio Gross dan Net Non Performing Loan masing-masing sebesar 2,29% dan 0,44%.


Selain itu, Citibank juga mempertahankan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid sebesar 79,2%.

"Kinerja yang baik ini merupakan hasil dari komitmen kami untuk memberikan yang terbaik kepada para klien, menciptakan nilai ekonomi serta bertanggung jawab secara sistemik dalam kerangka kerja manajemen risiko yang kami miliki," ujar Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi.

Di lini Institutional Banking, Global Subsidiaries Group disebut memiliki pangsa pasar yang kokoh di Indonesia untuk segmen Multi National Corporations (MNCs) melalui inisiatif Asia-to-Asia yang mempromosikan investasi ke Indonesia oleh perusahaan multinasional di Asia.

Dalam Treasury and Trade Solutions, Citibank berpartisipasi dalam seminar berskala internasional yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, yaitu "Digital Transformation for Indonesian Economy", guna membahas konvergensi industri ke dalam ekosistem yang menggerakkan transformasi digital.

Di Retail Banking, Citibank memperkenalkan program rujukan khusus dengan konsep Citigold Circle dimana nasabah dapat berbagi pengalaman mereka dengan layanan Citigold kepada keluarga dan teman-teman, dan mendapatkan reward.

Program ini diklaim telah menjadi penggerak yang berkontribusi terhadap lebih dari 40% dari total akuisisi nasabah baru.

Di Wealth Management, Citibank telah memperkenalkan Future Wealth Assurance bagi nasabah untuk menghasilkan diversifikasi portofolio produk. Citibank juga mendapatkan penghargaan sebagai "Wealth Management Platform of the Year - Indonesia" dari Asian Banking and Finance Awards.

Untuk Credit Cards, mulai Mei 2019 pelanggan kartu kredit Citibank dapat menikmati penukaran poin Citi Rewards mereka ke Air Asia Big Points langsung di situs web Air Asia.

Masih berfokus kepada generasi muda, Citibank dan Indonesia Business Links mengadakan penutupan Skilled Youth Program tahap III yang dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro.

Program ini mampu melibatkan 384 pemuda di wilayah industri, guna membekali mereka dengan soft skills dan hard skills untuk pemberdayaan ekonomi dan pembangunan kapasitas generasi muda.

"Beragam pencapaian positif yang telah kami lakukan pada semester pertama 2019 ini akan menjadi tolok ukur bagi kami dalam melanjutkan kinerja yang baik hingga akhir tahun ini. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, klien, dan pemangku kepentingan Citibank atas kerja sama dan kepercayaan yang telah diberikan," ujar Batara.

(vws)


BACA JUGA