Proyek Pengembangan Blok ONWJ Ditanggung Asuransi

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 19:37 WIB
Proyek Pengembangan Blok ONWJ Ditanggung Asuransi Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) telah mengasuransikan proyek Pengembangan Lapangan YY Blok Offshore Northwest Java (ONWJ) yang terkendala akibat kebocoran minyak dan gas dari pengeboran sumur YYA-1. Lokasi proyek tersebut sekitar 7 mil dari bibir pantai Cilamaya, pesisir utara Karawang, Jawa Barat.

"Ya, pasti di-cover (ditanggung) karena setiap operasional kami (Pertamina) ada insurance (asuransi)," ujar Fajriyah di gedung Pertamina, Jakarta, Kamis (8/8).

Fajriyah mengungkapkan perseroan belum menghitung kerugian atas terjadinya insiden yang mengakibatkan perairan Karawang tercemar itu. Pasalnya, perusahaan perlu melakukan analisa dalam menghitung kerugian tersebut.


"Belum (hitung kerugian) karena ini harus dianalisa," katanya.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia (ATPI) Indra Baruna membenarkan bahwa perusahaan akan menanggung klaim asuransi atas proyek yang dikerjakan oleh 'cucu' usaha Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi ONWJ.

"Betul" kata Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/8).

Namun, Indra belum bisa mengatakan berapa jumlah klaim yang diajukan oleh PHE ONWJ. Pasalnya, ia belum menerima laporan dari pihak yang akan menilai tuntutan ganti rugi yang diajukan (loss adjuster). Terlebih, sambungnya, PHE masih fokus menangani tumpahan minyak yang terjadi.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) Meidawati menjelaskan penanganan tumpahan minyak membutuhkan waktu hingga 2020.

Proses penanganan sendiri meliputi empat tahap. Pertama, tahap penanggulangan yang berlangsung pada periode Juli-Agustus 2019. Kedua, tahap pemulihan pada September-November 2019. Ketiga, tahap pasca pemulihan pada Desember 2019. Keempat, tahap rutin pada Januari 2020 dan seterusnya.

[Gambas:Video CNN]
(sas/sfr)