Jerman Pangkas Dana 35 juta euro untuk Hutan Amazon Brasil

CNN Indonesia | Senin, 12/08/2019 03:38 WIB
Jerman Pangkas Dana 35 juta euro untuk Hutan Amazon Brasil Ilustrasi hutam amazon. (REUTERS/Bruno Kelly).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Jerman memutuskan untuk menangguhkan pemberian dana senilai 35 juta euro untuk Brasil yang semula akan dipakai membiayai proyek-proyek pelestarian hutan Amazon. Alasannya, karena deforestasi meningkat di wilayah tersebut.

Berdasarkan laporan media cetak Brasil yang dikutip oleh Reuters, Kedutaan Jerman untuk Brasil mengatakan langkah itu diambil pemerintah Jerman sebagai cerminan keprihatinan besar atas meningkatnya deforestasi atau proses perusakan hutan Amazon.

Kendati demikian, pemangkasan dana itu tidak mempengaruhi Amazon Fund, di mana Jerman menjadi donor utama. Keputusan tersebut hanya menyangkut dana yang ditujukan untuk proyek-proyek baru yang dibiayai oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Sampai berita diterbitkan, Reuters belum memperoleh komentar dari Diplomat Jerman.


Badan Penelitian Luar Angkasa Brasil melaporkan deforestasi di hutan hujan Brasil melonjak 67 persen dalam tujuh bulan pertama tahun ini. Meski demikian, pemerintah Brasil mengklaim data tersebut tidak valid dan menyesatkan.

Jair Bolsonaro, Presiden Brasil sayap kanan yang juga seorang mantan kapten angkatan darat telah lama skeptis dengan masalah lingkungan. Ia berulang kali mengatakan Amazon adalah sumber daya milik Brasil yang harus dimiliki oleh warga Brasil untuk dikelola.

Menanggapi keputusan Jerman yang menangguhkan gelontoran dananya, Bolsonaro menjawab "Brasil tidak membutuhkan itu."

[Gambas:Video CNN]


(Reuters/lav)