Dorong 1 Juta ASN Unggul, KemenPAN-RB Gandeng 4 Kampus

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 23:22 WIB
Dorong 1 Juta ASN Unggul, KemenPAN-RB Gandeng 4 Kampus Ilustrasi aparatur sipil negara. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menggandeng empat perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Pihak yang diajak kerja sama terdiri dari dua perguruan tinggi Indonesia dan dua lainnya institusi luar negeri.

Dua perguruan tinggi asal Indonesia yang dimaksud adalah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Hasanuddin. Dua lainnya, yaitu University of Melbourne dan Victoria University Wellington.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin menyatakan ASN yang unggul saat ini hanya berjumlah 400 ribu orang. Angkanya jauh dari total ASN saat ini yang mencapai sekitar 4,3 juta orang.


"Kami butuh 1 juta ASN unggul, sekarang baru ada 400 ribu. Butuh 1 juta jadinya ada 20 persen ASN yang unggul dan bisa menjadi agen perubahan dan mempengaruhi yang lain," ucap Syafruddin, Rabu (21/8).

Melalui kerja sama dengan empat perguruan tinggi ternama, Syafruddin mengharapkan bisa mewujudkan target itu. Pemerintah nantinya akan memberikan kesempatan kepada ASN yang lolos seleksi untuk kuliah pascasarjana secara gratis.

"Jadi mereka kuliah satu tahun di dalam negeri, nanti satu tahunnya lagi di luar negeri. Di dalam negeri ini penggalian konten lokal dan luar negeri fokus pelajari reformasi birokrasi dunia," jelasnya.

Dalam hal ini, pemerintah juga mengikutsertakan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) untuk mendukung program tersebut. Kebutuhan operasional ASN selama kuliah nantinya akan dipenuhi oleh LPDP.

"Jadi ini dibiayai oleh negara. Oleh karena itu semua ASN persiapkan diri untuk maju. Harus tampil ke depan," pungkas Syafruddin.

[Gambas:Video CNN] (aud/lav)