Bandara Kediri Siap Dibangun Awal 2020, Selesai 2022

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Minggu, 01/09/2019 08:45 WIB
Pemerintah menargetkan membangun bandara di Kediri pada awal 2020. Diharapkan, pembangunan memakan waktu paling lama dua tahun. Ilustrasi pembangunan bandara. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah berencana membangun bandara di Kediri, Jawa Timur, mulai awal 2020. Jika tidak ada aral melintang, pembangunan bandara ditargetkan selesai selama dua tahun atau paling cepat akhir 2021 mendatang.

"Saya pastikan bandara ini jadi dibangun. Apalagi, telah melalui proses panjang dan sudah dijadikan proyek strategis nasional," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat kunjungan kerja bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (31/8).

Pembangunan Bandara Kediri tidak cuma mendongkrak konektivitas wilayah Jawa Timur, tetapi juga mendorong perkembangan ekonomi daerah sekitar. Antara lain, membuka kesempatan kerja, menopang industri sekitar, serta pariwisata.


"Di Kulonprogo, kita membangun hanya dua tahun. Begitu pun Bandara Kediri. Kita akan lakukan awal tahun depan, tidak lebih dari dua tahun kita selesaikan. Kita sudah mundur satu tahun. Jadi, kalau nanti peletakan batu pertama diharapkan bisa Januari 2020, saya pikir akhir 2021 selesai," imbuh Luhut.

Menteri Kabinet Kerja lainnya, seperti Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo yang juga hadir menyampaikan sejumlah program prioritas yang akan dilaksanakan bagi masyarakat Kabupaten Kediri.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Kediri Haryanti Sutrisno juga turut hadir guna mendorong percepatan pembangunan bandara di Kabupaten Kediri tersebut.
[Gambas:Video CNN] (bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK