Dirut Baru BRI Fokus UMKM dan Pengembangan Digital

CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 15:50 WIB
Dirut Baru BRI Fokus UMKM dan Pengembangan Digital Direktur Utama PT BRI (Persero) Tbk. Sunarso. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Sunarso mengaku akan tetap menyalurkan sebagian besar pembiayaan pada segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masa mendatang, seperti strategi yang sudah dijalankan saat ini.

Dalam prosesnya, Sunarso juga mengatakan perusahaan akan berfokus melakukan pembinaan sumber daya manusia, khususnya dalam pengembangan teknologi digital. Hal itu dilakukan untuk menjaga daya saing di tengah perubahan teknologi yang sangat cepat.

"Dalam rangka lebih fokus kepada UMKM, saya katakan tadi kami tidak punya pilihan lain kecuali harus 'go smaller, go shorter'. Tujuannya, supaya menjangkau layanan kepada masyarakat lebih luas dengan biaya semurah mungkin," ungkap Sunarso.


Menurut dia, digitalisasi sangat diperlukan, terutama dalam proses bisnis perbankan saat ini. Model bisnis yang baru diyakini dapat menciptakan nilai baru, sehingga dapat membantu perusahaan mencapai target kinerja.

Dalam kesempatan tersebut, Sunarso juga mengungkapkan ambisinya untuk mendirikan perusahaan teknologi berbasis keuangan (financial technology/fintech) di bawah naungan anak usahanya.

Selain itu, Sunarso juga membuka peluang berkolaborasi dengan perusahaan fintech untuk menjalankan aktivitas bisnisnya.

Seperti diketahui, Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI memutuskan untuk menunjuk Sunarso menjadi direktur utama yang baru. Sunarso menggantikan Suprajarto yang beberapa waktu lalu ditunjuk menjadi direktur utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN.

Suprajarto memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan beberapa saat setelah ditunjuk untuk memimpin BTN.

Dalam kesempatan ini, RUPSLB memberhentikan dengan hormat Sis Apik Wijayanto, Osbal Saragi Rumahorbo, Sophia Alizsa dan Mohammad Irfan sebagai direksi bank tersebut.

RUPSLB juga menetapkan direksi baru yaitu Catur Budi Harto sebagai Wakil Direktur Utama, kemudian Herdy Rosady Harman, Agus Sudiarto, Agus Noorsanto dan Azizatun Azhimah masing-masing menjabat sebagai Direktur Bank BRI. Sementara Loeke Larasati Agoestina sebagai Komisaris Bank BRI.

Pengangkatan direksi baru ini akan berlaku efektif setelah uji kemampuan dan kepatutan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

[Gambas:Video CNN] (hns/lav)