Menhub Targetkan Runway III Bandara Soetta Operasi November

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 11:47 WIB
Menhub Targetkan Runway III Bandara Soetta Operasi November Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan menargetkan landasan pacu atau Runway III Bandara Internasional Soekarno- Hatta sepanjang 3.000 meter bisa dioperasikan November mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan operasi tersebut nantinya semua jenis pesawat bisa mendarat dan lepas landas dari tempat itu. Pengoperasian tersebut nantinya ia harap bisa membuat pergerakan pesawat yang saat ini hanya 81 unit per jam bisa ditingkatkan menjadi 100.
"Waktu saya saat masih menjadi Dirut PT AP II Soekarno Hatta pergerakannya 75, sekarang menjadi 81 setiap satu jam. Kalau nanti Runway III beroperasi dengan panjang 3.000 meter, take off landing kurang lebih bisa menjadi 100 per jam," katanya seperti dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Senin (9/9).

Sementara itu Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaluddin mengatakan keberadaan Runway III akan memberikan manfaat ke operasional maskapai. Manfaat salah satunya bisa mereka nikmati dari penurunan biaya operasional.

Ia mengatakan dari hasil simulasi yang dilakukan maskapai pada Agustus lalu, keberadaan Runway III bisa menekan pembakaran bahan bakar pesawat hingga 1.300 pounds.

Penurunan pembakaran terjadi karena pesawat tidak perlu menunggu lebih lama untuk mencapai apron setelah landing. Ia mengatakan penurunan waktu tunggu tersebut telah menghasilkan penghematan Rp70 juta sampai Rp75 juta.


[Gambas:Video CNN] (agt/agt)