Perang Dagang, China Bebaskan Tarif Tambahan 16 Barang AS

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 18:04 WIB
Perang Dagang, China Bebaskan Tarif Tambahan 16 Barang AS Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping. (REUTERS/Kevin Lamarque).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah China membebaskan tarif tambahan untuk 16 jenis barang dari Amerika Serikat (AS). Kementerian Keuangan China menyebut pembebasan tarif tambahan dilakukan meskipun China ingin membalaskan perang dagang yang ditabuhkan AS.

Mengutip Reuters, Rabu (11/9), ke-16 jenis barang yang dibebaskan dari tarif tambahan, antara lain produk turunan susu, tepung ikan untuk pakan ternak, dan beberapa pelumas.

Pembebasan tarif tambahan akan dimulai 17 September 2019 dan berlaku selama satu tahun hingga 16 September 2020.


Kementerian Keuangan menyebut barang-barang yang masuk daftar pembebasan tarif tambahan akan diumumkan di situs pemerintah. "Ini sebagai penanggulangan langkah-langkah US Section 301," katanya.

Pemerintah AS dan China sendiri berencana memulai kembali perundingan dagang di Washington DC, AS, pada awal Oktober 2019.

"Para petinggi kedua negara sepakat untuk bekerja sama dan menciptakan kondisi yang menguntungkan. Kedua pihak akan menjaga komunikasi yang erat jelang pembahasan," tulis Kementerian Perdagangan China.
[Gambas:Video CNN] (Reuters/bir)