Kenangan Terakhir Triawan dengan Habibie di Bekraf Festival

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 19:35 WIB
Kenangan Terakhir Triawan dengan Habibie di Bekraf Festival Almarhum BJ Habibie. (KEMAL JUFRI / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf seketika teringat dengan perhelatan acara Bekraf-Habibie Festival 2018 ketika mendengar kabar meninggalnya Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie.

"Selama beberapa tahun, Bekraf bekerja sama dengan putra almarhum, Ilham Habibie dalam menyelenggarakan Bekraf-Habibie Festival," ujar Triawan kepada CNNIndonesia.com kala berbagi kisah mengenai sosok almarhum Habibie, Rabu (11/9).

Kala itu, kisah Triawan, Bekraf setuju menggelar festival tersebut dalam rangka memperkenalkan sektor ekonomi kreatif di bidang teknologi. Pada masa itu, sambungnya, Triawan berinteraksi cukup intens dengan almarhum. Mulai dari saling berbagi gagasan, konsep acara, hingga target-target yang ingin dicapai dari festival tersebut.


"Almarhum selalu menggebu-gebu memberi kami arahan dan wawasan. Kekayaan pengalamannya, kegeniusan, dan jiwa kemanusiaannya selalu menjadi inspirasi," ungkapnya.

Di luar persiapan festival, kata Triawan, ia sudah sejak lama mengagumi sosok Habibie. Ia melihatnya sebagai sosok yang selalu bersemangat dan berenergi, meski usianya sudah senja.

Tak hanya itu, Habibie juga dianggapnya sebagai sosok yang tak pernah sungkan memberi perhatian dan kepedulian. Selain itu, reputasi di bidang ekonomi dan kedirgantaraan membuatnya sebagai sosok yang sangat berpengaruh pada sejarah Indonesia.

"Kami sangat kehilangan putra terbaik dari yang terbaik di bangsa ini," imbuhnya.


Saat ini, Triawan masih berada di Uni Emirat Arab (UEA) dalam rangka kedinasan. Ia berharap masih memiliki waktu yang cukup untuk kembali ke Indonesia dan melayat almarhum Habibie.

"Semoga terkejar untuk ikut melayat jenazah almarhum," tuturnya.

Habibie menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu (11/9). Habibie meninggal pada pukul 18.05 WIB di usia 83 tahun.

"Bapak sudah tidak ada pada pukul 18.05 WIB," ujar putra Habibie Thareq Kemal kepada wartawan.

[Gambas:Video CNN] (uli/lav)