Menhub Sebut BJ Habibie Sosok Dibalik Kelahiran Pabrik Kereta

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 22:22 WIB
Menhub Sebut BJ Habibie Sosok Dibalik Kelahiran Pabrik Kereta Mantan presiden ketiga RI BJ Habibie. (AFP/Adek Berry).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut BJ Habibie berkontribusi besar terhadap industri transportasi di Tanah Air. Bahkan, mantan presiden ketiga RI itu menjadi sosok yang ikut mendirikan pabrik kereta yang dikelola PT Inka (Persero).

Diketahui, PT Inka (Persero) berdiri sejak 1981 silam. Tidak hanya itu, Habibie juga berkontribusi atas industri transportasi lainnya melalui PT PAL Indonesia (Persero), perusahaan BUMN yang bergerak di bidang galangan kapal.

Kemudian, PT Inti (Persero), perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi.

"Sebagai Menteri Perhubungan, saya sangat berterima kasih kepada beliau, karena jasa almarhum yang memberi sumbangan pada industri transportasi," ujarnya mengenang sosok Habibie, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/9).

Karenanya, menurut Budi Karya, Habibie patut menjadi panutan bagi masyarakat, tak terkecuali kaum milenial.

"Duka mendalam atas wafatnya putra terbaik bangsa, Bapak BJ Habibie. Atas karya dan legacy beliau, sangat patut dijadikan role model. Kepandaian beliau sangat dikagumi," ungkapnya.

Menurut Budi Karya, Habibie merupakan sosok yang dekat dengan keluarga. Bahkan, Habibie dan keluarganya dikenal sebagai pribadi yang hangat kepada semua orang.

"Saya dekatnya dengan Bu Ainun (Almarhumah Hasri Ainun Habibie). Dulu saat saya menjadi arsitek, banyak membantu Bu Ainun," jelasnya.

Habibie menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu (11/9). Habibie meninggal pada pukul 18.05 WIB di usia 83 tahun.
[Gambas:Video CNN]


(aud/bir)