Penyerangan Kilang Arab, Harga Minyak Melonjak 10 Persen

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 09:48 WIB
Penyerangan Kilang Arab, Harga Minyak Melonjak 10 Persen Ilustrasi. (REUTERS/Sergei Karpukhin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harga minyak dunia melonjak lebih dari 10 persen pada Senin (16/9). Kenaikan dipicu oleh serangan terhadap dua kilang minyak Arab Saudi pada akhir pekan lalu.

Serangan tersebut telah meningkatkan kekhawatiran pasar terhadap penurunan pasokan minyak asal Arab yang kebetulan saat ini tengah memangkas setengah produksi mereka.

Dikutip dari AFP, minyak jenis West Texas Intermediate melonjak 10,68 persen menjadi $ 60,71 dan Brent naik 11,77 persen menjadi $ 67,31 di awal perdagangan Asia menyusul ledakan di fasilitas yang dikelola oleh raksasa milik negara Aramco.


Serangan drone menyebabkan kebakaran pada dua fasilitas perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco pada Sabtu (14/9) dini hari.


Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan serangan ini terjadi di masa persiapan perusahaan minyak pelat merah tersebut melantai di bursa saham.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di Abqaiq dan Khurais tersebut. Meskipun demikian, Presiden AS Donald Trump menyalahkan Iran atas kejadian tersebut.

Ia juga tak menutup kemungkinan kejadian tersebut akan meningkatkan peluang negaranya untuk melakukan serangan militer terhadap Iran.

Sementara itu untuk menjamin pasokan minyak tetap terjaga, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan negaranya akan bekerja sama dengan negara lain. "Amerika serikat akan bekerja sama dengan mitra dan sekutu kami untuk memastikan bahwa pasar energi tetap dipasok dengan baik," katanya. .

[Gambas:Video CNN] (AFP/agt)