Menhub Tegaskan Nama Terminal Bandara Soetta Tak Berubah

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 12:01 WIB
Menhub Tegaskan Nama Terminal Bandara Soetta Tak Berubah Ilustrasi Bandara Soekarno Hatta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan menegaskan tidak ada perubahan nama terminal Bandara Soekarno Hatta melalui kerja sama co-branding dengan Pegipegi dan Traveloka.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku telah mengklarifikasi hal tersebut kepada pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola. Hasilnya, dalam kontrak kerja sama tersebut tidak ditemukan naming right atau skema promosi melalui penamaan bandara.

"Karenanya, kami minta semua dikoreksi. AP II sendiri sudah mengkoreksi. Semua nama-nama Traveloka maupun Pegipegi sudah dihilangkan," katanya, Senin (16/9).


Menhub juga meminta AP II memperbaiki kontraknya jika terjadi mispersepsi. Ia memberikan target persoalan tersebut dapat diselesaikan pada saat itu juga.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Haryadi menjelaskan tidak ada pergantian atau penambahan nama pada Bandara Soetta, maupun terminal 1, dan 3 di bandara tersebut.

Kerja sama co-branding dengan Pegipegi di Terminal 1 dan Traveloka di Terminal 2 hanya sebatas pemanfaatan ruang komersial di terminal.

"Nama bandara tetap Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan nama terminal tetap Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. Seluruh kegiatan operasional juga dilakukan oleh Angkasa Pura II," ujar Agus dalam keterangan resmi.

Ia menuturkan kerja sama komersial melalui skema co-branding dengan dua perusahaan tersebut, masih dalam pembahasan lebih detail.

Sebelumnya, Agus menyatakan kerja sama dengan Pegipegi dan Traveloka membuat agen travel daring tersebut memiliki hak penamaan atas terminal I dan II. Namun, hak penamaan tersebut di belakang nama terminal dan tidak berdampak pada perubahan nama terminal.

"Pegipegi dan Traveloka memiliki hak penamaan di belakang nama terminal untuk dicantumkan misalnya di signage," katanya.
[Gambas:Video CNN] (ulf/bir)