Bappebti Blokir 142 Situs Perusahaan Berjangka Ilegal

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 17:21 WIB
Bappebti Blokir 142 Situs Perusahaan Berjangka Ilegal Ilustrasi Bappebti. (Diolah dari Istockphoto/ipopba)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) kembali memblokir 39 domain situs perusahaan berjangka komoditas ilegal.

Dengan pemblokiran tersebut, hingga September 2019 ini, Bappebti sudah memblokir 142 domain situs perusahaan berjangka ilegal. Jumlah tersebut mendekati dengan yang pernah dilakukan pada sepanjang 2018 lalu.
Data Bappebti, mereka telah memblokir 161 domain situs perusahaan berjangka komoditas ilegal pada sepanjang 2018 lalu. Kepala Bappebti Tjahya Widayanti mengatakan pemblokiran dilakukan dalam rangka mencegah dan melindungi masyarakat.

"Pemblokiran domain situs perusahaan berjangka komoditas ilegal diharapkan dapat membuat masyarakat semakin berhati-hati terhadap penawaran produk, investasi dan kegiatan usaha di bidang perdagangan berjangka ilegal," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (17/9).

Sementara itu Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M Syist meminta masyarakat untuk selalu memastikan legalitas perusahaan investasi yang akan mereka gunakan untuk menanamkan uang mereka.
Pasalnya, belakangan ini mereka menggunakan banyak media, seperti situs, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube untuk menjerat mangsa mereka.

"Kami mengimbau masyarakat lebih waspada dan berhati-hati karena banyak cara yang dilakukan perusahaan perdagangan berjangka ilegal untuk menarik minat para calon nasabah," katanya.


(antara/agt)