Huawei Disebut Akan Akuisisi Raksasa Operator Telko di Brasil

CNN Indonesia | Minggu, 22/09/2019 09:19 WIB
Huawei Disebut Akan Akuisisi Raksasa Operator Telko di Brasil Logo Huawei. (Reuters).
Jakarta, CNN Indonesia -- Huawei Technologies Co, perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan terbesar di China, menggandeng China Mobile berencana mengakuisisi operator telekomunikasi terbesar di Brasil, Oi SA.

Dilansir Reuters, Minggu (22/9), Huawei berencana meningkatkan penetrasi pasarnya di negara yang menjadi pasar terbesar Amerika Latin tersebut.

Huawei dan China melirik pertumbuhan bisnis ciamik, sejalan dengan teknologi nirkabel generasi kelima (5G) yang digunakan Oi SA. Selain itu, Oi AS juga memiliki infrastruktur fiber sepanjang 360 ribu kilometer yang dinilai sebagai aset yang menarik.

Oi SA sendiri sedang berjuang melunasi utang sekitar 65 miliar real Brasil demi terhindar dari kebangkrutan. Operator telepon terbesar itu berjuang mati-matian sejak mengajukan proposal perlindungan dari kebangkrutan pada Juni 2016.

Pekan sebelumnya, Oi SA dikabarkan sedang menjalani proses negosiasi bisnis jaringan telekomunikasi dengan Telefonica SA asal Spanyol dan Telecom Italia SpA.

Oi SA juga dikabarkan terlibat dengan pembicaraan awal dengan perusahaan asal AS, AT&T, dan perusahaan China.
[Gambas:Video CNN]


(Reuters/bir)