Mendes Dorong Masyarakat Desa Kuasai Teknologi 4.0

Kemendes, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 22:12 WIB
Mendes Dorong Masyarakat Desa Kuasai Teknologi 4.0 Mendes Eko Putro Sandjojo. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo membuka acara Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XXI yang dipusatkan di Sport Center Bengkulu pada Minggu (22/9).

Mendes menuturkan saat ini merupakan era teknologi yang bertujuan untuk mempermudah proses produksi.

"Nah dengan adanya teknologi 4.0 ini diharapkan dapat membantu masyarakat terkait hal-hal yang tadinya sulit atau susah dijalankan oleh masyarakat atau yang pendidikannya mungkin masih kurang," kata Eko saat meninjau pelbagai produk di dalam pameran tersebut.



Salah satu teknologi yang membantu, kata Eko, adalah aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang bertujuan agar aparat pemerintah desa mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan‎. Selain itu, juga dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya.

"Dengan Siskeudes, banyak kades yang tidak sekolah pun sudah bisa membuat laporan keuangan negara. Jadi, kita berharap bagaimana penggiat-penggiat 4.0 ini dapat membantu membuat aplikasi, sehingga masyarakat yang tidak siap dapat menjadi siap dan merasakan manfaat dengan teknologi," katanya.


TTGN sendiri merupakan acara tahunan sejak 1999 yang bertujuan untuk mempercepat alih teknologi dari penemu kepada masyarakat.

Mendes menegaskan acara TTG dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan kemajuan teknologi.

"Untuk teknologi yang diperlukan dan dibutuhkan masyarakat haruslah teknologi yang tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan mudah cara penggunaannya," katanya. (asa)