Pemerintah Beri Jaminan Rp5 T untuk Proyek Tol Semarang-Demak

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 18:04 WIB
Pemerintah Beri Jaminan Rp5 T untuk Proyek Tol Semarang-Demak Ilustrasi proyek tol. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah memberikan jaminan senilai Rp5,2 triliun untuk pembangunan Tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut Kota Semarang. Pemberian jaminan dilakukan melalui PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan jaminan diberikan untuk melindungi investor dari risiko baik terminasi maupun nointerminasi. Adapun yang dimaksud dengan risiko terminasi bisa terjadi berkaitan dengan penghentian kerja sama secara tiba-tiba.

Sementara itu bisa berbentuk risiko nonterminasi berbentuk keterlambatan pengadaan tanah atau pengembalian dana talangan tanah.

Sri Mulyani mengatakan pemberian jaminan dilakukan agar swasta yang terlibat dalam pembangunan proyek tersebut bisa lebih fokus dalam membangun dan menyelesaikan infrastruktur yang mereka kerjakan. Pasalnya, dengan penjaminan tersebut, kontraktor tidak lagi dibebani oleh pikiran bahwa proyek yang mereka kerjakan akan memberikan risiko.

"Jadi dengan ini, hampir semua risiko dijamin pemerintah sehingga mereka bisa fokus dalam membangun dan menyelesaikan pembangunan infrastruktur," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (24/9).

Ia berharap dengan pemberian jaminan tersebut ke depan pembangunan Tol Semarang-Demak bisa dipercepat. Sebagai informasi Tol Semarang- Demak memiliki panjang 27 kilometer.

Pembangunan tol diperkirakan menelan dana sampai dengan Rp15 triliun. Pembangunan tol tersebut ditargetkan bisa dimulai tahun ini dan selesai pada 2022 mendatang.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap keberadaan tol tersebut nantinya membuat wilayah Jawa terkoneksi dengan baik

[Gambas:Video CNN] (antara/agt)