PLN Pulihkan 68 Persen Jaringan Listrik di Wamena

CNN Indonesia | Sabtu, 28/09/2019 18:55 WIB
PLN Pulihkan 68 Persen Jaringan Listrik di Wamena Ilustrasi tiang listrik PLN. (CNNIndoesia.com/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT PLN (Persero)  baru memulihkan 68 persen jaringan distribusi listrik di Wamena, Papua hingga Sabtu (28/9) . Usai aksi demo yang berujung kerusuhan pada awal pekan ini, sebanyak 83 gardu listrik dari total 142 gardu telah beroperasi kembali.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Ari Dartomo menyatakan perseroan fokus menormalkan gardu di beberapa titik, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Diponegoro, Jalan Thamrin, Jalan Pattimura, Jalan Gatot Subroto, Jalan Trikora, dan Jalan Pramuka. PLN mencatat jaringan sepanjang 112 kilometer sirkuit (Kms) dari 180 Kms telah teraliri listrik.

"Fokus kami untuk membenahi jaringan di beberapa lokasi. Semoga kondisi semakin kondusif," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (28/9).


Perseroan juga membuka posko pelayanan sementara di Jalan Yos Sudarso, Wamena. Posko ini melayani pelanggan yang memiliki masalah pada gangguan jaringan atau meteran usai kerusuhan.

Ia mengatakan pelanggan yang belum mendapatkan pasokan listrik secara normal atau memiliki masalah terkait kelistrikan, bisa mengadukannya ke posko perseroan.

"Meski untuk sisi pelayanan masih terbatas, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengakomodir kebutuhan listrik masyarakat yang terdampak" ujarnya.

Pada Jumat (27/9) malam, beban puncak di Wamena mencapai 4,1 MW dengan daya mampu pembangkit sebesar 6 MW. Daya tersebut disokong oleh Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Walesi, Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (PLTH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sinagma.
[Gambas:Video CNN]
(ulf/sfr)